Tips Memasak Mie Instan yang Benar Agar Terbebas dari Kandungan MSG

Tips Memasak Mie Instan yang Benar Agar Terbebas dari Kandungan MSG

Mie instan menjadi makanan yang sering dimasak dan dimakan orang Indonesia. Padahal mie instan memiliki kandungan Monosodiun Glutamat atau MSG yang bisa membahayakan kesehatan otak. Bila terlalu sering makan mie instan bisa memicu gejala sakit kepala hingga mati rasa di beberapa bagian tubuh atau kesemutan.

Sebenarnya mie instan aman dikonsumsi asalkan proses masak mie instan dilakukan dengan benar. Berikut beberapa cara memasak mie instan agar bisa menghilangkan kandungan MSG di dalamnya.

1. Buang Air Rebusan Mie Instan

Saat mie instan direbus menggunakan air, maka kandungan zat pengawet dalam mie instan akan larut ke dalam air. Khususnya saat memasak mie instan rebus untuk membuang air bekas rebusan mie dan menggantinya dengan air panas yang baru, sehingga zat pengawet yang sudah ada di dalam air tidak ikut dimakan.

Memasak Mie Instan (Tribunnews.com)

2. Membuat Bumbu Sendiri

Bumbu pada mie instan mengandung MSG yang cukup besar. Jadi bumbu dari mie instan bisa diganti dengan bumbu bikinan sendiri. Caranya pun cukup mudah. Bahan-bahan yang bisa diperlukan antara lain bawang putih, bawang merah, lada, dan ketumbar yang sudah dihaluskan, serta sedikit garam. Bumbu-bumbu yang kita bikin sendiri itu akan lebih menyehatkan daripada bumbu bawaan yang terdapat di dalam bungkus mie instan tersebut.

3. Dicampur dengan Sayuran, Daging, dan Telur

Setelah membuang air rebusan mie instan dan mengganti bumbu, cara berikutnya adalah dengan mengkonsumi mie instan dengan campuran bahan lain seperti sayuran, daging, dan telur. Menambahkan ketiga elemen itu bisa melengkapi nutrisi saat makan mie instan. Sehingga saat kita makan mie instan akan terasa kenyang dan berikan manfaat bagi tubuh.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"