Tak Hanya Makanan, Sepatu Juga Bisa Jadi Penyebab Asam Urat

Tak Hanya Makanan, Sepatu Juga Bisa Jadi Penyebab Asam Urat

Asam urat  merupakan gangguan kesehatan yang biasanya terjadi pada bagian persendian kaki dan tangan. Selama ini makanan yang dikonsumsi sembarangan bisa memicu terjadinya asam urat. Namun ternyata sepatu juga bisa jadi penyebabnya.

Dilansir dari Sindonews, seseorang yang tidak tepat mengenakan sepatu membuat posisi sepatu tidak tepat dengan postur jari kaki sehingga membuat tulang menyesuaikan dengan posisi rongga yang ada.

Sendi-sendi pada bagian kaki pun bisa alami kerusakan. Hal juga yang sering terjadi adalah ketika memakai sepatu yang sudah membuat sempit di kaki. Jika didiamkan bagian kaki bisa alami cidera dan alami peradangan hingga terjadinya asam urat.

Ilustrasi Memakai Sepatu Sempit (HiMedik)

Sementara penyebab asam urat lainnya dipicu oleh makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah. Mengkonsumsi makanan dengan berbahan kacang semisal kacang kedelai yakni tahu dan tempe berlebih juga bisa sebabkan asam urat.

Obesitas juga bisa memicu timbulnya asam urat. Kelebihan berta badan mengakibatkan turunnya kinerja hormon insulin atau resistensi insulin. Hormin insulin bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jika terjadi resistensi insulin bisa sebabkan asam urat  tidak terkontrol.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"