Ngomong Sendiri Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental, Percaya?

Ngomong Sendiri Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental, Percaya?

Terlalu lama berada di masa pandemi pastinya membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi seiap hari mendengar berita tentang angka kasus yang semakin melonjak. Perasaan cemas yang semakin lama dipendam itu bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan mental kita.

Untuk itu, menerapkan pola pikir yang positif di tengah pandemi sangat penting karena dapat mengurangi tingkat kecemasan yang ada pada diri kita sehingga kesehatan mental kita tidak akan terganggu. Salah satu cara penerapan pola pikir positif adalah dengan melakukan self-talk. Apa itu?

Manfaat Self-Talk (via Alodokter)

Self-talk secara harfiah adalah berbicara sendiri. Walau terdengar aneh, namun ketika hal itu dilakukan secara berulang-ulang, maka akan membawa positif untuk diri kita. Hampir semua orang pasti pernah melakukan hal itu, entah di dalam hati atau secara langsung.

Self-talk adalah bentuk dialog internal yang terjadi dalam pikiran, namun beberapa orang dapat menerjemahkannya menjadi verbal. Tak jarang, hal ini dianggap aneh, akan tetapi justru membawa manfaat yang sangat bagus untuk kondisi psikologis. Kebiasaan “ngomong sendiri” menurut sebuah penelitian merupakan indikasi orang tersebut memiliki IQ di atas rata-rata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"