Dijamin Ampuh! 5 Tips Agar Puasa Tidak Lemas Dan Ngantuk, Nomor 4 Paling Gampang Dilakukan

Dijamin Ampuh! 5 Tips Agar Puasa Tidak Lemas Dan Ngantuk, Nomor 4 Paling Gampang Dilakukan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Selain mempersiapkan waktu untuk bukber dengan teman-teman, kamu juga perlu menyiapkan tubuh agar tetap segar saat puasa  nanti. Biasanya, masalah yang dikeluhkan saat puasa adalah rasa lemas dan mudah ngantuk. Jadi, banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu hanya di atas ranjang. Padahal, ada sejumlah tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk. Apa saja tipsnya? Keep scrolling!

1.    Pastikan Cukup Minum

Salah satu penyebab tubuh lemas saat puasa adalah dehidrasi. Sehingga untuk mengatasinya, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu saat sahur dan berbuka puasa sebanyak 1,5 sampai 2 liter setiap harinya. Kamu bisa mencoba pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas lagi saat sahur. Selain dari air putih, kamu juga bisa memenuhi cairan tubuh dari buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi.

2.    Perhatikan Asupan Makanan

Foto: Tips Puasa (Popbela)

Hal penting lainnya untuk mencegah lemas dan ngantuk saat puasa adalah memperhatikan makanan saat berbuka ataupun sahur. Memang semua makanan akan terlihat mengenyangkan saat buka puasa, tapi tidak semuanya menghasilkan nutrisi bagi tubuh. Makanan dengan bahan dasar tepung seperti gorengan dan makanan mengandung kadar gula tinggi seperti aneka kue dan selai justru bisa membuat tubuh cepat lelah.

Oleh karena itu, hindari makanan semacam itu. Pilihlah makanan segar seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, usahakan juga untuk tidak langsung makan banyak dalam satu kesempatan. Lebih baik konsumsi dalam porsi kecil tiap 3 jam sekali dari waktu berbuka puasa sampai menjelang imsak. Hal ii juga baik diterapkan untuk kamu yang punya masalah pencernaan.

3.    Usahakan Untuk Bergerak

Biasanya, rasa lemas akan mulai terasa menjelang siang hari. Kalau kamu diam saja, maka bisa dipastikan kalau rasa lemas akan menguat dan akan membuat kamu ngantuk. Untuk mengatasinya, usahakan untuk bergerak. Tidak perlu yang sampai mengeluarkan banyak keringat. Kamu bisa melakukan gerakan kecil di balik meja kerjamu atau keluar kantor sebentar untuk berjalan kaki dan mencari udara segar. Aktivitas ini juga membantu kadar oksigen meningkat sehingga rasa kantuk menghilang.

4.    Jangan Kurangi Jam Tidur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"