Mudah Banget, Ini 6 Cara Mengatasi Cegukan Tanpa Minum Saat Puasa, Jangan Buru-buru Batalin Ya!

Mudah Banget, Ini 6 Cara Mengatasi Cegukan Tanpa Minum Saat Puasa, Jangan Buru-buru Batalin Ya!

Cegukan  merupakan hal yang lumrah terjadi. Cegukan merupakan kejang pada otot diafragma yang tidak dapat dikendalikan namun biasanya tidak berlangsung lama. Cegukan bisa disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit, contohnya minum terlalu cepat, makan terlalu cepat, minuman berkarbonasi, alkohol, merokok atau mengunyah permen karet.

Meski begitu, cegukan bukan tanda akan masalah serius. Namun jika dibiarkan begitu saja bisa menganggu. Untuk mengatasi itu, biasanya kamu hanya perlu minum. Tapi bagaimana jika cegukan terjadi saat kamu puasa  yang tidak diperbolehkan minum sebelum berbuka? Tenang saja, ternyata masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Berikut 6 cara mengatasi cegukan tanpa minum.

1.    Tahan Napas

Foto: Cegukan (SehatQ)

Cara yang populer untuk menghilangkan cegukan tanpa minum adalah dengan menahan napas. Caranya, kamu hanya perlu menarik napas sedalam mungkin dan menahannya selama 10 sampai 20 detik. Kemudian hembuskan perlahan. Tapi selain itu, kamu bisa melakukan teknik pernapasan tertentu yakni dengan menarik napas selama 5 detik dan mengembuskannya selama 5 detik juga. Ulangi kedua metode ini sampai cegukan hilang.

2.    Tekan diafragma

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menekan diafragma. Cara ini dipercaya bisa membantu diafragma lebih rileks. Akan tetapi, jangan menekan terlalu keras karena bisa berdampak fatal. Adapun diafragma terletak di antara perut dan dada.

3.    Menutup hidung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"