Cara Mengatasi Jerawat pada Remaja, Bye Bye Breakout!

Cara Mengatasi Jerawat pada Remaja, Bye Bye Breakout!

Tahukah kamu bahwa kulit kita adalah organ terbesar dari tubuh kita? Organ ini sangat penting untuk melindungi organ dalam, otot, dan tulang kita. 

Kulit mencerminkan siapa diri kita dan merupakan kesan pertama kita terhadap orang lain. Bagi para remaja, hal ini bisa menjadi kesan yang menyakitkan sekaligus memalukan. Terutama saat jerawat menyerang. 

Jerawat menimpa setiap orang secara berbeda. Beberapa orang menjalani hidup dengan sedikit masalah jerawat. Sementara yang lain merasa terbebani dengan kondisi tersebut. Jerawat biasanya muncul paling sering di wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Saat kita puber, ketika hormon di tubuh meningkat. Dan bisa juga bertahan hingga dewasa.

# Beberapa Penyebab Jerawat Remaja

Hormon yang meningkat selama remaja merangsang produksi zat berminyak yang disebut sebum, yang bercampur dengan sel kulit mati dan rambut di bukaan kulit yang dikenal sebagai folikel rambut. 

Penumpukan sel kulit, minyak, dan rambut yang menggumpal ini menyebabkan tekanan, yang dapat pecah dan menyebabkan peradangan kulit. Bakteri yang disebut propionibacterium acnes atau P. acnes, juga ikut terlibat dan menciptakan lebih banyak peradangan. 

Selain itu, berikut ini beberapa penyebab jerawat lainnya antara lain:

1. Obat-obatan tertentu

2. Genetika

3. Make up berbahan dasar minyak

4. Kehamilan

Jenis jerawat saat breakout antara lain:

1. Komedo putih—kecil dan di bawah kulit

2. Komedo — terlihat dan hitam di permukaan. Warna gelapnya bukan 3. kotoran dan tidak bisa digosok.

4. Kista—terlihat jelas, nyeri, penuh nanah dan dapat menimbulkan bekas luka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"