Berapa Lama Sih Batas Wajar Mengkonsumsi Mie Instan dalam Sebulan? Ini Penjelasannya

Berapa Lama Sih Batas Wajar Mengkonsumsi Mie Instan dalam Sebulan? Ini Penjelasannya

Hari gini, siapa sih yang mau menolak makan mie instan? Tapi, sudah pasti tahu kan bahwa mengkonsumsi mie instan secara berlebih itu berbahaya untuk kesehatan?

Hal ini terjadi karena tinggi kandungan natrium maupun kalori yang terdapat dalam satu buah mie instan. Menurut laman Chefol.com (20/09/22) natrium dikaitkan dengan penyakit kanker, jantung, stroke, dan tekanan darah.

Sedangkan, kebanyakan satu bungkus mie instan itu bisa mengandung di atas 50% dari asupan natrium yang dibutuhkan dalam per hari. Itu sebabnya, jangan pernah membiasakan konsumsi mie instan terlalu berlebih.

Ilustrasi mengkonsumsi mie instan (via pexels)

Apalagi, mie instan yang masuk ke tubuh bisa bertahan selama berjam-jam agar bisa benar-benar dicerna. Itu terjadi lantaran mie instan mengandung Tertiary Butyl Hydroquinone (TBHQ), alias pengawet kimia.

TBHQ ini bisa menekan saluran pencernaan menjadi macet alias gak lancar. Walau kandungannya rendah, tetapi hal ini tetap berbahaya bila dikonsumsi terlalu sering. 

Tak cuma kandungan TBHQ saja yang tidak baik. Ada juga kandungan MSG yang bisa menyebabkan kelelahan, mual, sakit kepala dan otot tegang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"