Benarkah Gluten Tidak Baik untuk Kesehatanmu? Cek Faktanya di Sini!

Benarkah Gluten Tidak Baik untuk Kesehatanmu? Cek Faktanya di Sini!

Banyak orang di dunia kesehatan dan kebugaran menyarankan agar setiap orang mengikuti diet bebas gluten terlepas dari apakah mereka tidak toleran atau tidak.

Memangnya ada apa sih dengan gluten? Benarkah efek gluten untuk tubuh begitu buruk? Sebelum mencari tahu efek gluten untuk tubuh, yuk cari tahu dulu apa itu gluten

Apa itu Gluten?

Meskipun sering dianggap sebagai senyawa tunggal, gluten adalah istilah kolektif yang mengacu pada berbagai jenis protein (prolamin) yang ditemukan dalam gandum, barley, rye, dan triticale (persilangan antara gandum dan rye).

Makanan yang mengandung gluten (health.okezone.com)

Terdapat berbagai macam prolamin, namun semuanya saling berkaitan dan mempunyai struktur dan sifat serupa. Prolamin utama dalam gandum termasuk gliadin dan glutenin, sedangkan prolamin utama dalam jelai adalah hordein.

Protein gluten seperti glutenin dan gliadin sangat elastis, itulah sebabnya biji-bijian yang mengandung gluten cocok untuk membuat roti dan makanan panggang lainnya.

Faktanya, gluten ekstra dalam bentuk produk bubuk yang disebut gluten gandum vital sering kali ditambahkan ke makanan yang dipanggang untuk meningkatkan kekuatan, daya mengembang, dan umur simpan produk jadi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"