7 Penyakit Pencernaan yang Sering Muncul, Kenali Gejalanya Sebelum Parah

7 Penyakit Pencernaan yang Sering Muncul, Kenali Gejalanya Sebelum Parah

Sakit perut, gas, mulas, dan masalah pencernaan lainnya bikin gak nyaman, tetapi untungnya, hal itu biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, terkadang gejala ini mungkin menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius. kenali gejalanya biar gak semakin parah ya gengs.

Berikut Ini Beberapa Masalah Pencernaan yang Sering Muncul

Penyakit pencernaan karena bakteri dan virus (ifpnews.com)

1. Flu Perut

Flu perut atau gastroenteritis adalah infeksi lambung dan bagian atas usus kecil. Gejala umumnya adalah diare, muntah, sakit perut, dan kram.

Biasanya disebabkan sama Rotavirus dan norovirus, yang menyerang jutaan orang setiap tahun. Gastroenteritis sering hilang dengan sendirinya, tapi bisa bikin kamu kehilangan cairan melalui diare dan muntah. Cegah dehidrasi dengan minum air putih dan minuman elektrolit.

2. Sensitivitas Gluten dan Penyakit Celiac

Gejala sensitivitas gluten dan penyakit celiac serupa. Mereka termasuk diare, kembung, dan sakit perut. Penting untuk menemui dokter biar bisa mendapatkan diagnosis yang benar.

Tidak seperti sensitivitas gluten, celiac adalah penyakit autoimun yang dapat merusak usus kecil. Menghilangkan gluten, protein dalam gandum, gandum hitam, barley, dan oat dari makanan adalah pengobatan utama untuk kedua kondisi tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"