8 Makanan dengan Kandungan Gluten yang Perlu Dihindari Jika Kamu Alergi Gluten

8 Makanan dengan Kandungan Gluten yang Perlu Dihindari Jika Kamu Alergi Gluten

Banyak orang menghindari gluten karena alergi, kondisi medis tertentu, atau karena tidak suka. Gluten adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, jelai, dan gandum hitam. 

Penyakit celiac, alergi gandum, dan sensitivitas gluten non-celiac (NCGS) semuanya melibatkan reaksi merugikan terhadap gluten. Sehingga diobati dengan diet bebas gluten. Kondisi ini dianggap sebagai bentuk intoleransi gluten.

Penyakit celiac dan NCGS misalnya, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan usus dan berbagai gejala seperti diare, gas, dan kembung. Celiac adalah kondisi autoimun yang terkait dengan efek kesehatan serius lainnya, seperti anemia, pertumbuhan terhambat, dan efek neurologis.

Meskipun penderita alergi gandum harus menghindari gandum, sebagian besar dapat memakan biji-bijian lain, termasuk yang mengandung gluten seperti jelai dan gandum hitam.

Sementara itu, penderita penyakit celiac dan NCGS harus menghindari semua makanan yang mengandung gluten untuk mengendalikan gejalanya. Khususnya, banyak makanan sehat yang secara alami bebas gluten, dan beberapa perusahaan membuat produk bebas gluten yang nikmat.

Biji gandum utuh (kompasiana.com)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"