Bekal Ramadan: Tips Menjaga Kesehatan di Perjalanan Mudik

Bekal Ramadan: Tips Menjaga Kesehatan di Perjalanan Mudik

Seringkali disepelekan, faktanya setiap orang perlu memahami tips menjaga kesehatan saat perjalanan mudik. Pasalnya, terutama jika jarak yang ditempuh cukup jauh, perjalanan ini bisa cukup berisiko bagi kesehatan. Bukan hanya faktor kelelahan dan paparan buruk lingkungan, para pemudik juga bisa mengalami stres akibat kepadatan lalu lintas yang mungkin lebih tinggi dari hari biasa.

Marwati, Ners, M.Kep. (Doc Pribadi)

Terkait hal ini, dosen sekolah tinggi kesehatan di Cirebon, Marwati, Ners, M.Kep., memberikan beberapa saran dan tips. Mengingat kebanyakan pemudik biasanya melakukan perjalanan dalam kondisi berpuasa, maka sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi saat sahur serta melakukan beberapa tips agar tubuh tetap bugar dan pikiran fokus lebih lama.

“Persiapan fisik sebelum berangkat, makanan sahur dengan gizi seimbang, hindari  makanan berlemak dan makanan  berat saat berbuka, istirahat cukup, asupan cairan cukup, perhatikan pola makan, dan melakukan aktifitas atau gerakan ringan di tempat duduk, membawa obat-obatan pribadi yang direkomendasikan dokter,” ungkapnya merinci hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mudik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"