Bekal Ramadan: Nggak Tarawih Lagi, Ini 5 Ide Kegiatan saat Malam Takbiran yang Bikin Hati Adem

Bekal Ramadan: Nggak Tarawih Lagi, Ini 5 Ide Kegiatan saat Malam Takbiran yang Bikin Hati Adem

Menyambut malam takbiran , mungkin kamu bakal mengalami gejolak perasaan yang campur aduk. Di satu sisi umat Muslim merasa gembira dengan datangnya Idulfitri sebagai hari kemenangan, namun di sisi lain ada rasa kehilangan yang luar biasa atas berakhirnya Ramadan yang penuh berkah. Kamu bahkan akan merasa janggal karena tak ada lagi salat tarawih berjamaah yang dilaksanakan setelah salah Isya. 

Meski demikian, mengingat malam takbiran merupakan saat yang istimewa dalam tradisi Muslim, kamu harus tetap menyambutnya dengan suasana penuh keceriaan dan kehangatan. Dalam hal ini, ada banyak ide kegiatan yang bisa dilakukan untuk membuat malam takbiran menjadi lebih bermakna dan memperdalam pengalaman Ramadan yang telah berlalu. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan: 

1. Berpartisipasi dalam Pelaksanaan Zakat Fitrah

Kegiatan saat Malam Takbiran (via Dream)

Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim sebelum pelaksanaan sholat Idulfitri. Zakat fitrah adalah bentuk sumbangan yang diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan agar mereka juga dapat merayakan Idulfitri dengan layak. Dengan menunaikan zakat fitrah, kita tidak hanya membantu sesama yang membutuhkan, tetapi juga membersihkan diri dari dosa-dosa selama bulan Ramadan. 

Namun selain memastikan bahwa kamu sudah menyalurkan kewajiban zakat, bagi yang mampu dan memenuhi syarat, kenapa tak ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan zakat itu sendiri? Kamu bisa turun tangan langsung sebagai panitia atau ikut membagikannya pada masyarakat yang membutuhkan. 

2. Mempersiapkan Perlengkapan untuk Idulfitri



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"