9 Jenis Olahraga Kardio dan Manfaatnya untuk Kesehatan

9 Jenis Olahraga Kardio dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan olahraga kardio secara teratur untuk mendapat manfaat kesehatan. Anjurannya: 1,25 jam (75 menit) latihan kardio berat per minggu atau 2,5 jam (150 menit) latihan kardio intensitas sedang setiap minggu. Itu artinya, kamu perlu 30 menit latihan kardio sehari, dengan dua hari istirahat dalam seminggu.

Kardio adalah kependekan dari latihan kardiovaskular, dan mencakup latihan apa pun—seperti berlari, bersepeda, atau menari—yang meningkatkan detak jantungmu. Cardio juga dianggap sebagai latihan aerobik, artinya membutuhkan aliran oksigen yang tinggi, yang menyebabkan kamu bernapas lebih keras. Kardio sangat penting jika kamu ingin membakar kalori, memperkuat jantung dan paru-paru, dan menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Manfaat Olahraga Kardio

Olahraga angkat beban (suara.com)

Dengan rencana kardio yang tepat dan sesuai dengan gaya hidupmu, kamu akan mendapat 4 manfaat kesehatan berikut ini:

1. Kesehatan jantung: penurunan tekanan darah, penurunan risiko penyakit jantung, dan peningkatan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Umur panjang: Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa latihan kardiovaskular secara teratur dapat memperpanjang hidupmu. 

Dengan membuat jantung dan paru-parumu lebih kuat, kamu meningkatkan tingkat kebugaran dan kesehatan kardiovaskularmu secara keseluruhan. Ini berarti jantungmu memiliki ukuran detak per menit (BPM) yang lebih rendah daripada jika kamu menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak), yang menunjukkan bahwa tubuhmu memiliki peningkatan kemampuan untuk menangani stres yang berbeda.

3. Kesehatan mental: Ada manfaat emosional dan mental ketika melakukan kardio secara teratur. Berolahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuhmu, termasuk di otakmu, yang dapat meningkatkan fungsi kognitif. Berolahraga juga melepaskan endorfin — bahan kimia alami dalam tubuhmu yang dapat membuat Anda merasa nyaman.

4. Penurunan berat badan: Mereka yang mempertahankan rutinitas kardio teratur jangka panjang mungkin juga mengalami penurunan berat badan, karena tubuhmu menggunakan lemak tubuh sebagai energi saat kamu berolahraga.

9 Macam Olahraga Kardio yang Bisa Kamu Lakukan Tiap Hari



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"