6 Cara Agar Badan Tetap Berenergi Sepanjang Hari Meski Tanpa Minum Kopi

6 Cara Agar Badan Tetap Berenergi Sepanjang Hari Meski Tanpa Minum Kopi

Saat merasa lelah tapi ingin tetap terjaga karena banyak pekerjaan, akhirnya banyak orang memilih untuk meminum kopi. Padahal kopi tidak selalu bisa menjadi solusi yang baik bagi kesehatan, lho. 

Memang banyak orang yang jadi lebih fokus setelah minum kopi karena kandungan kafein dalam kopi memang dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Kafein juga bisa menyuntikkan energi serta semangat tapi tidak bagi penderita berbagai masalah kesehatan seperti asam lambung misalnya. 

Jangan sedih! Sebenarnya ada banyak cara sehat untuk membuat kamu terstimulasi ketika merasa lelah. Bahkan, membuat perubahan terkecil dalam rutinitas harian kamu dapat membuat perbedaan besar dalam hidup.

Sejalan dengan hal tersebut, Anna Balabanova MD, dokter residen di Northwestern Medicine Lake Forest Hospital, membagikan enam tips sehat untuk menjaga tingkat energimu tetap tinggi sepanjang hari meski tanpa minum kopi. Berikut 6 tips dari Anna Balabanova MD dilansir dari laman Northwestern Medicine:

1. Makan Camilan Sehat

Carilah makanan yang memiliki indeks gula rendah karena akan diserap lebih lambat oleh tubuh dan tidak akan menyebabkan penurunan energi secara tiba-tiba.

Kombinasi karbohidrat, lemak, dan protein itu baik. Karbohidrat akan memberikan energi dengan cepat, sedangkan protein dan lemak akan membuat kamu kenyang dan mencegah pembakaran energi terlalu cepat.

Sayuran hijau seperti bayam dan sayuran lainnya juga dapat membantumu menghindari penurunan energi. Makanan ini secara alami tinggi serat, yang mempengaruhi penyerapan glukosa sehingga kadar gula darah tubuhmu tetap stabil. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin B, yang membantu proses pembuatan energi sel.

2. Berolahraga

6 Cara Tetap Berenergi Sepanjang Hari Tanpa Minum Kopi (KlikDokter)

Berolahraga, bahkan hanya berjalan cepat, bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembalikan energi. Olahraga memberi tahu sel-sel tubuh bahwa kamu membutuhkan lebih banyak energi dan tubuhmu akan bangkit pada kesempatan itu serta memberimu energi lebih banyak pula.

Hal ini juga memicu pelepasan zat kimia yang disebut norepinefrin yang berkontribusi pada perasaan terjaga dan waspada serta endorfin. Selain itu, olahraga memiliki dampak baik secara umum pada emosi, seperti antusiasme dan penurunan kemarahan.

3. Tetap Terhidrasi

Kelelahan adalah tanda umum dehidrasi. Bahkan dehidrasi minimal dapat menurunkan fungsi otak. Hal ini dapat mengurangi suasana hati, memori, dan konsentrasi serta meningkatkan sakit kepala dan kelelahan. Jadi pastikan untuk cukup minum air sepanjang hari, ya.

4. Tidur Siang

Tidur siang selama 20 menit sudah cukup lama bagi kamu untuk menerima manfaat restoratif dari beberapa tahap pertama tidur. Namun berhati-hatilah untuk tidur siang lebih dari 20 menit. Meskipun menggoda, tidur siang berlebihan dapat mengurangi jumlah tidur yang kamu dapatkan di malam hari sehingga menyebabkan tubuh mendapat lebih sedikit energi sepanjang hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"