TERBONGKAR! Ternyata Ini 4 Trik Masak Sehat Orang Jepang Yang Jadi Rahasia Panjang Umurnya, Sudah Tahu Belum?

TERBONGKAR! Ternyata Ini 4 Trik Masak Sehat Orang Jepang Yang Jadi Rahasia Panjang Umurnya, Sudah Tahu Belum?

Tidak hanya terkenal sebagai negara maju, Jepang juga populer dengan warganya yang berumur panjang. Berdasarkan laporan yang diterbitkan secara digital oleh Bank Dunia tahun 2022, rata-rata angka harapan hidup penduduk Jepang mencapai umur sekitar 85 tahun. 

Hal ini menjadikan Jepang sebagai negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi. Tentu saja, banyak orang yang penasaran apa sebenarnya rahasia panjang umur warga Jepang. Rupanya hal ini berkaitan dengan pola makan sehatnya. 

Orang Jepang suka makan sayur, minum teh dan sering jalan kaki. Tapi tidak hanya itu saja, ternyata penduduk Jepang juga memperhatikan cara masak mereka. Teknik masak orang Jepang didasari oleh kesederhanaan yang tidak sulit. 

Selain menggunakan bahan alami dan memanfaatkan bahan makanan yang difermentasi, mereka juga tidak memakai banyak saus dan rempah yang rumit. Ada pula beberapa trik masak Jepang yang bisa menambah umur lebih panjang. Apa saja trik itu? Berikut yang dilansir dari Times of India.

Musu

Musu Teknik Masak Jepang – Musu (Just One Cookbook)

Musu adalah teknik kukus yang membuat makanan lebih sehat. Meskipun termasuk cara kuno dalam memasak, tapi musu masih populer. Karena cara memasak ini memastikan rasa asli dan aroma tetap dipertahankan meskipun makanan dimasak dalam panci tertutup.

Cara memasak musu ini juga dikenal dengan one pot cooking atau memasak dalam satu panci. Adapun trik masak ini memasukkan semua bahan ke dalam panci lalu memasaknya dengan api sedang sampai tinggi, jadi banyak uap dari hasil makanan yang akan keluar.

Biasanya metode ini digunakan untuk membuat masakan dengan bahan dasar seperti mie/nasi dan campuran daging, ikan, sayuran, atau makanan laut yang membutuhkan banyak panas dan uap untuk mempertahankan jus alaminya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"