Suka Kulineran? Ini Lho 3 Makanan Khas Lamongan Selain Soto yang Wajib Kamu Cicipi

Suka Kulineran? Ini Lho 3 Makanan Khas Lamongan Selain Soto yang Wajib Kamu Cicipi

Siapa sih yang enggak tahu kalau Kota Lamongan di Jawa Timur itu terkenal dengan kuliner Soto Ayamnya. Padahal ada banyak makanan khas Lamongan selain soto yang enak banget dan wajib dicicipi para pecinta wisata kuliner.

Kalau selama ini kamu cuma tahu lamongan hanya punya soto ayam, ini nih tiga makanan khas Lamongan yang enggak kalah enak dibanding soto. Apa saja?

1. Sego Boranan

Makanan Khas Lamongan (via Kompas)

Pernah dengar nggak nama makanan Sego Boranan? Kuliner yang satu ini adalah makanan khas Lamongan yang terdiri dari nasi, sayuran, aneka lauk, bumbu yang terbuat dari campuran rempah, dan rempeyek.

Kata ‘boran’ sendiri diambil dari bahasa setempat, artinya bakul nasi yang terbuat dari bambu lalu digendong dengan selendang oleh si penjual. Dan yang bikin makin sedap, Sego Boranan ini disajikan diatas piring yang dialasi daun pisang.

Ciri khas dari makanan satu ini adalah empuk (tepung bumbu goreng), pletuk (nasi atau kacang kering goreng), dan ikan sili goreng yang bentuknya hampir pipih memanjang. Tapi ada lauk lainnya kok seperti ikan bandeng, ayam goreng, tahu, tempe, dan telur asin.

2. Tahu Campur Lamongan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"