Sudah Tahu Belum, Kenapa Ada Pempek yang Namanya Kapal Selam?

Sudah Tahu Belum, Kenapa Ada Pempek yang Namanya Kapal Selam?

Kapal selam ternyata tak hanya identik kendaraan tempur bawah laut dengan senjata yang lengkap. Kapal selam juga dijadikan nama makanan yang terkenal di Indonesia yakni pempek kapal selam . Pempek kapal selam adalah kuliner yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.

Kenapa pempek itu namanya kapal selam? Apakah ada hubungannya dengan kapal selam atau bentuknya mirip kapal selam? Pempek kapal selam adalah jenis pempek yang bentuknya menyerupai kantung dengan isian telur di dalamnya.

Dilansir dari Kompas.com, pemerhati sejarah dari Palembang bernama KMS H.Andi Syarifuddin mengatakan bahwa pempek kapal selam adalah nama pempek yang sebutanya masih relatif baru. “Orang Palembang dulu menyebutnya bukan kapal selam tetapi pempek telok besak,” tutur Andi.

Sudah Tahu Belum, Kenapa Ada Pempek yang Namanya Kapal Selam (Tribun)

Sementara seorang koki dari sebuah hotel bintang lima di Jakarta, M Arifin Lubis menutuskan pempek itu disebut pempek kapal selam karena proses pempek saat dimasak mirip dengan bentuk kapal selam di bawah air. “Saat proses merebus pempek ini jatuh ke dalam air rebusan, bentuknya lebih besar, pempek ini tenggelam makanya disebut kapal selam,” kata Arifin.

Pempek kapal selam merupakan pempek yang paling terkenal dan disukai banyak orang karena ukurannya yang paling besar dan bercampur dengan telur yang berada di dalamnya. Pempek kapal selam pun memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan pempek lainnya.

Untuk membuat pempek kapal selam tidak mudah karena membutuhkan ketelitian tinggal tinggi. Adonan pempek dibentuk mirip kantung dan dimasukkan telur mentah. Kantung itu ditutup dengan cara tertentu. Jika adonam pempek tipis dan tidak tertutup rapat maka isian telur mentah yang di dalam akan bocor dan tidak akan ajadi pempek kapal selam.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"