Pakai Putih Telur, Ini Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan

Pakai Putih Telur, Ini Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan

Pempek merupakan salah satu makanan olahan ikan yang berasal dari Palembang. Pempek terbuat dari ikan dicampur dengan tepung kanji atau tepung sagu sehingga teksturnya kenyal. Akan tetapi jika kalian tidak punya ikan, kalian masih bisa membuat pempek lho. Simak di bawah ini cara membuat pempek tanpa ikan .

Rasa pempek tanpa ikan atau dikenal dengan nama pempek dos juga tidak kalah enak dan tetap kenyal. Di sisi lain, kalian juga bisa menggunakan bahan lain sebagai pengganti ikan. Nantinya pempek bisa disajikan langsung setelah direbus maupun digoreng lagi agar bagian luar pempek jadi renyah.

Meskipun sudah gurih, rasa pempek akan semakin nendang jika disantap dengan kuah cuko. Kombinasi rasa manis, asam, dan pedas dari cuko membuat rasa pempek tanpa ikan jadi otentik. Berikut beberapa cara membuat pempek tanpa ikan.

Pempek Putih Telur

Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan (via Pinterest)

Bahan:

- 300 gr putih telur

- 120 gr tepung sagu

- 20 gr tepung terigu

- 3 siung bawang putih

- 1 sdt kaldu bubuk

- 1 sdm minyak goreng

- 1 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat:

1.    Panaskan kukusan dulu dan persiapkan tempat tahan panas. Setelah itu oles sedikit minyak goreng.

2.    Di tempat blender, masukkan setengah putih telur, bawang putih, kaldu bubuk, dan semua tepung. Kemudian blender hingga bawang putih halus. Masukkan lagi sisa bagian putih telur dan minyak goreng dan blender sebentar.

3.    Tuang adonan ke dalam wadah kemudian tambahkan daun bawang, aduk asal rata. Lalu kukus dengan api kecil selama 20 menit hingga matang.

4.    Angkat dan dinginkan, setelah itu potong-potong pempek, lalu goreng sebentar sambil terus diaduk. Angkat, tiriskan, dan sajikan bersama potongn timun dan cuko.

Kuah Cuko



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"