Terjawab Sudah, Kenapa Warna Kapal Selam Hitam atau Abu-abu

Terjawab Sudah, Kenapa Warna Kapal Selam Hitam atau Abu-abu

Kapal selam identik dengan warna hitam atau abu-abu. Tentu pemilihan warna hitam dan abu-abu bukan tanpa alasan. Sebab alasan warna kapal selam hitam atau abu-abu merupakan bagian dari strategi yakni kamuflase terhadap pengamatan musuh. 

Musuh akan merasa kesulitan bila melihat ada kapal selam warna hitam atau abu-abu di dalam air khususnya pada malam hari. Kapal selam dirancang untuk beroperasi di dalam air karena kapal ini tidak memiliki sistem pertahanan yang bagus untuk bertahan dari serangan musuh di atas permukaan laut.

Para prajurit di dalam kapal selam tentu bisa mengamati dan melihat serta menemukan objek-objek yang berada di dalam permukaan laut karena bantuan teropong. Kapal selam juga dilengkapi radar sehingga mendeteksi kapal selam lain atau kapal perang yang berada di atas permukaan laut.

Terjawab Sudah, Kenapa Warna Kapal Selam Hitam atau Abu-abu (Detikcom)

Walaupun mayoritas warna kapal selam hitam, namun ada juga beberapa negara yang memutuskan untuk mengubah warna kapal selam dengan warna lain. Misalnya kapal selam milik angkatan laut Korea Utara yang berwarna hijau. Kapal selam warna hijau cocok untuk operasi militer dalam perairan yang dangkal dan jernih.

Ternyata angkatan laut Korea Utara memiliki puluhan kapal selam. Seperti 40 unit kapal selam pantai kelas Sang-O, 20 kapal selam kelas konvensional Romeo, 20 kapal selam kelas mini Yugo dan Yono, dan satu kapal selam bertenaga elektrik-diesel yakni kelas Gorae atau kelas Sinpo.

Tapi kira-kira kapal selam paling menakutkan di dunia itu milik angkatan laut siapa ya? Adalah K-329 Belgorod merupakan jenis kapal selam  terbesar di dunia saat ini. Kapal selam ini dimiliki oleh militer Rusia. Kapal selam ini memiliki panjang 184 meter, lebar 18 meter, dan tinggi 15 meter.

Berat kapal selam sebesar 30 ribu ton dan bisa mengangkut sekitar 115 tentang Angkatan Laut Rusia. Selain memiliki ukuran terbesar, kapal selam ini disebut mematikan karena ada senjata penghancur di dalamnya. Dilansir dari Kabar Penumpang,K-329 Belgorod memiliki kecepatan kapal selam ini bisa melaju di bawah laut dengan kecepatan 32 knot dan menyelam sedalam 500 meter selama 120 hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"