Nggak Cuma Mie Aceh, Ini 3 Makanan Khas Aceh yang Bikin Lidah Nggak Bisa Diam

Nggak Cuma Mie Aceh, Ini 3 Makanan Khas Aceh yang Bikin Lidah Nggak Bisa Diam

Sebagian orang mungkin sudah sangat kenal dengan makanan Mie Aceh khas Serambi Mekah. Namun makanan khas Aceh nggak cuma itu lho. Ada berbagai makanan khas lainnya yang kalau disantap bikin lidah nggak bisa berhenti goyang.

Sama seperti makanan lainnya yang memiliki ciri khas, makanan khas Aceh juga memiliki ciri khasnya tersendiri, yakni selalu ada belimbing sayur yang dicampur dalam olahan ikan laut. Gunanya tidak hanya untuk mengurangi bau amis ikan, tapi juga menambah cita rasa segar dalam makanan.

Tidak hanya belimbing, makanan Aceh juga terkenal kaya akan campuran rempah. Jadi nggak heran kalau makanan khas Aceh selalu berhasil menggoyang lidah. Lantas, makanan khas Aceh apa saja yang wajib dicoba? Merangkum dari berbagai sumber berikut ini daftarnya.

1. Kuah Pliek

Makanan Khas Aceh (via Katadata)

Rekomendasi makanan khas Aceh yang pertama adalah Kuah Pliek. Makanan ini dibuat dari pliek, yakni sisa perasan kelapa saat membuat minyak kelapa melalui proses fermentasi. Dalam satu mangkuk kuah pliek, kamu bisa menemukan berbagai macam sayuran yang telah dipotong kecil-kecil dan juga cabai hijau.

2. Asam Keueng



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"