6 Makanan Khas Aceh Yang Populer Dan Bikin Ngiler, Nomor 4 Dimasak Sambil Sholawat

6 Makanan Khas Aceh Yang Populer Dan Bikin Ngiler, Nomor 4 Dimasak Sambil Sholawat

Selain kopi Aceh dan mie Aceh yang sudah banyak dijual di berbagai daerah, masih banyak makanan khas Aceh populer yang wajib untuk dicoba saat berkunjung. Makanan dari Tanah Rencong ini terkenal memiliki cita rasa yang khas dan otentik. 

Ciri dari kuliner kota yang dijuluki 'Serambi Mekah' ini sangat kaya akan rempah dengan rasa yang tajam. Tak hanya itu, ciri khas makanan Aceh lainnya adalah pemakaian belimbing sayur untuk olahan ikan laut untuk memberi rasa segar dan mengurangi aroma amis ikan. 

Selain itu, campuran rempah seperti cengkeh, lawang, kapulaga, pala dan kayu manis juga sering digunakan untuk menambah kelezatan. Lantas apa saja makanan khas Aceh selain kopi Aceh dan Mie Aceh? Berikut yang berhasil dirangkum.

1. Pliek U

1. Pliek U Makanan Khas Aceh - Pliek U (Fokus Aceh)

Sesuai namanya, makanan khas Aceh ini merupakan makanan berkuah yang bersantan dan berbumbu yang dibuat dengan bahan dasar pliek u atau patarana yakni ampas kepala parut sisa minyak kelapa yang difermentasi dan dijemur hingga kering. Jika di Jawa, pliek u dikenal blondo.

Sementara itu, kuah pliek u bentuknya mirip gulai tapi dengan santan yang tidak terlalu kental dan berwarna kekuningan tidak terang. Salah satu bahan dasar kuahnya adalah asam sunti yang merupakan bumbu dapur khas Aceh. Rasanya pun cenderung asam dan pedas. 

Makanan khas Aceh Barat ini berisi beberapa sayuran, seperti pisang rebus, labu siam, terong, kacang panjang, daun melinjo, daun jeruk purut serta udang. Pliek U merupakan salah satu makanan utama untuk acara-acara khusus di Aceh. Dahulu, kuah pliek u adalah kuliner yang punya peranan di tradisi Aceh. Kini, pliek u mudah ditemui di warung nasi di banda Aceh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"