Mengenal 7 Jenis Dimsum yang Populer di Seluruh Dunia, Gak Cuma Enak Tapi Juga Bergizi!

Mengenal 7 Jenis Dimsum yang Populer di Seluruh Dunia, Gak Cuma Enak Tapi Juga Bergizi!

Dim Sum (dianxin) adalah makanan Cina yang terkenal gak cuma di Cina, tapi juga di seluruh dunia! Comfort food ini biasanya disiapkan dalam porsi kecil, dalam tempat kukusan bambu kecil, disajikan dengan teh saat sarapan atau makan siang. 

Dim sum secara harfiah diterjemahkan sebagai “menyentuh hati”. Kuliner negeri bambu ini punya banyak jenis, mulai dari roti (baozi) yang gurih, baik kukus maupun goreng; Pangsit (jiaozi); (juan) gulungan isi; dan masih banyak lagi.  

Meskipun Dim Sum dapat ditemukan dalam berbagai bentuk (bahkan hingga 100 jenis berbeda!), namun yang paling populer adalah 7 jenis dimsum ini. Apa saja?

1. Roti Isi Babi

Dim Sum ini berbentuk “? (bao)” roti kukus, seperti bakpao, yang diisi dengan daging babi cha shao. Ada juga yang berbentuk roti panggang berwarna kecokelatan atau berlapis kaca. Namun, karena di Indonesia banyak yang beragama Islam, beberapa dimsum roti isi disajikan dengan isian daging sapi/ayam.

2. Pangsit Udang

Dimsum pangsit udang (kompas.com)

Pangsit udang ini memiliki bentuk lipit di bagian atas, transparan, dan sangat tekstur yang sangat lembut di bagian luar. Karena pangsit ini membutuhkan keterampilan khusus untuk disiapkan, jadi tak heran menu ini digunakan untuk menilai keterampilan koki Dim Sum.

3. Siomay

Siomay biasanya terbuat dari kulit pangsit yang diisi daging babi, jamur, udang, daging domba cincang, daging sapi atau kambing yang membentuk sebagian besar isian. 

Sayuran yang ditambahkan biasanya bawang merah, daun bawang, wortel, kastanye, dan jamur, tetapi varietasnya berbeda dari satu provinsi ke provinsi lainnya. Dimsum jenis ini adalah yang paling populer.

4. Lumpia

Selain siomay, Spring Roll adalah salah satu dimsum favorit, khususnya di barat. Lumpia berbentuk kulit roti gulung gurih dengan ukuran bervariasi yang diisi dengan kol dan sayuran. Ada juga lumpia yang berisi daging. Misalnya daging babi, ayam, dan udang.

Ada versi goreng dan non-goreng, versi pedas dan manis serta versi manis dan gurih, dan mereka menyebar sampai ke Asia Tenggara seperti Indonesia dan Filipina sebagai camilan atau makanan gurih favorit.

5. Dumpling Potsticker 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"