Makanan Sejuta Umat! Gini Sejarah Mie Instan Yang Ternyata Bukan Berawal Dari China

Makanan Sejuta Umat! Gini Sejarah Mie Instan Yang Ternyata Bukan Berawal Dari China

Mie instan merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang. Bahkan mie instan menjadi makanan sejuta umat dari kalangan bawah, menengah hingga atas karena selain rasanya yang enak, tapi harganya juga sangat terjangkau. Terlebih lagi, mie instan begitu praktis.

Untuk memasaknya, tidak diperlukan waktu yang lama. Bahkan ada mie instan yang bisa matang hanya dengan diseduh menggunakan air panas. Tapi tahukah kamu bagaimana sebenarnya asal usul mie instan? Ternyata mie instan bukan berasal dari China, di mana negara tersebut jadi cikal bakal terbentuknya mie. 

Ternyata mie instan berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Mie instan pertama kali muncul pada tahun 1958, sekitar 10 tahun setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II. Situasi pasca perang membuat penduduk Jepang mengalami krisis pangan.

Momofuku Ando, Penemu Mie Instan Pertama Di Dunia (Urban Jabar)

Sampai akhirnya ada seorang pengusaha bernama Momofuku Ando menciptakan mie instan pertamanya. Ide awal pembuatan ini saat pria yang akrab disapa Ando itu ditugaskan Kementerian Pertanian Jepang untuk membuat makanan dari bahan baku gandum.

Kemudian, Momofuku Ando berpikir makanan seperti apa yang bisa disajikan dengan cepat, enak, tidak mudah rusak, ekonomis dan aman. Akhirnya, dia menciptakan ramen ayam yang menjadi mi instan pertama di dunia yang diberi nama Chicken Ramen. 

Saat itu, mie instan buatan Ando disebut ramen ajaib karena pembuatannya yang praktis. Mie instan pertama itupun langsung meluas ke seluruh Jepang dan langsung digemari. Sebab, meski dimasak dengan cara diseduh memakai air panas, mie tersebut punya rasa yang enak dan membuat kenyang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"