5 Sunnah Sahur Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW yang Patut Ditiru Umat Muslim, Yuk Ikuti!

5 Sunnah Sahur Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW yang Patut Ditiru Umat Muslim, Yuk Ikuti!

Nabi Muhammad SAW  merupakan panutan bagi seluruh umat Islam karena beliau adalah utusan Allah SWT sebagai manusia yang diberikan keistimewaan sejak dilahirkan. Semua perbuatan dan segala perilakunya patut untuk dicontoh.

Salah satu sunah Rasulullah SAW yang bisa diikuti umat Muslim adalah sahur saat puasa, baik puasa wajib Ramadan maupun puasa lainnya. Dalam ajaran Islam, hukum sahur adalah sunnah. Artinya jika tidak dilakukan tidak apa-apa.

Tapi jika dijalankan akan mendapat banyak pahala. Nabi Muhammad SAW pun telah mengajarkan etiket sahur yang mendatangkan keberkahan. Mulai dari waktu sahur, porsi makan hingga aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah sahur. 

Tidak sembarangan, cara-cara Rasulullah SAW itu pun sudah tercatat dalam hadits dan Al-Qur'an. Lantas seperti apa sunah sahur sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Tidak Melewatkan Sahur

Ilustrasi Makan Sahur (NewFemme)

Sunnah sahur pertama adalah tidak melewatkan waktu sahur. Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk sebaiknya tidak melewatkan waktu sahur karena ada banyak keberkahan dan pahala yang didapat saat makan sahur.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk sebaiknya tidak melewatkan waktu sahur. Sebab, ada banyak keberkahan dan pahala yang didapat ketika makan sahur. Hal ini pernah dijelaskan dalam hadits Abdullah bin Al Harits dari seorang sahabat Rasulullah SAW:

"Aku masih menemui Nabi Muhammad SAW ketika dia makan sahur. Kemudian, beliau berkata, 'Sesungguhnya makan sahur adalah berkah yang Allah berikan kepada kalian, maka janganlah kalian tinggalkan." (HR An Nasaa`i dan Ahmad)

2. Tidak makan berlebihan

Banyak orang yang mungkin berpikir bahwa makan sahur dalam porsi besar akan membuat seseorang tahan menjalani puasa seharian. Tapi sayangnya, Nabi Muhammad SAW tidak menganjurkan hal tersebut. Rasulullah melarang untuk makan berlebihan karena hal itu tidak disenangi Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan surat Al A'raf ayat 31, yang artinya: "Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf:31)

3. Makan 3 Butir Kurma



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"