Cek Fakta: Benarkah Teh Selada Yang Viral Di TikTok Bisa Bantu Tidur Lebih Cepat? Gini Penjelasan Pakar

Cek Fakta: Benarkah Teh Selada Yang Viral Di TikTok Bisa Bantu Tidur Lebih Cepat? Gini Penjelasan Pakar

Beberapa waktu terakhir, di TikTok viral resep Air Selada atau Lettuce Water yang diklaim bisa membantu seseorang untuk tidur lebih cepat. Banyak netizen merekomendasikan minuman selada yang bisa dicampur teh ini pada orang yang sulit tidur.

Bahkan jika melakukan pencarian tagar #LettuceWater di TikTok, jumlah pencariannya sudah mencapai lebih dari 43 juta kali. Tak sedikit netizen yang memperlihatkan cara membuat Lettuce Water sekaligus efek yang dirasakan setelah meminumnya.

Dilansir dari Popsugar, salah satu kreator yang mencoba Air Selada ini adalah Shapla Hoque. Lewat akun TikTok-nya, @shapla_11, dia terlihat meracik Lettuce Water yang ditambah dengan teh. Awalnya, dia mengambil segenggam besar selada segar.

Kreator Bagikan Resep Teh Selada Di TikTok (TikTok)

Kemudian, dia memasukkan selada tersebut ke dalam gelas. Setelahnya, Shapla menambahkan air mendidih dan menunggu selama 10 menit. Jika sudah, dia mengeluarkan selada dari gelas. Shapla sendiri menambahkan teh kantong rasa peppermint.

Ini bertujuan untuk mengurangi rasa khas sayur dari pemakaian selada. Shapla Hoque mengaku tidak suka rasa selada mentah, maka dari itu dia memiliki ide untuk membuatnya jadi seperti teh. Shapla lantas mengatakan Air Selada ini berfungsi baik padanya.

Shapla mengaku hanya dalam 30 menit setelah meminumnya, dia merasa sangat mengantuk dan lelah. Alhasil, Shapla Hoque berhasil tidur cepat. Lantas bagaimana kata pakar soal klaim Air Selada bisa membantu untuk membuat tidur lebih cepat? 

Terkait hal ini, pakar tidur, Michael Breus menegaskan belum ada bukti konklusif yang membuktikan jika teh selada bisa membantu tidur lebih cepat. Hanya saja pada tahun 2017, ada sebuah penelitian yang mengamati potensi daun selada dan ekstrak biji selada untuk meningkatkan durasi tidur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"