Bangga! Rawon Jadi Sup Terenak Di Dunia Versi Taste Atlas, Berhasil Kalahkan Ramen

Bangga! Rawon Jadi Sup Terenak Di Dunia Versi Taste Atlas, Berhasil Kalahkan Ramen

Rawon kembali mencetak prestasi membanggakan bagi Indonesia. Sup daging khas Jawa Timur ini resmi jadi sup terenak di dunia dalam daftar '10 Best Rated Soups in the World 2023' versi Taste Atlas. Sebelumnya pada 2021, Rawon dinobatkan sebagai sup paling enak se-Asia. 

Kini, Rawon naik tingkat menjadi sup paling enak di dunia. Menurut daftar yang dirilis pada 31 Juli 2023 tersebut, Rawon mendapat bintang senilai 4,8. Angka ini lebih unggul dari sembilan sup khas negara lainnya yang juga masuk ke dalam daftar tersebut. 

"Rawon adalah masakan unik Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini dibuat dengan daging sapi yang dimasak perlahan dan bahan-bahan tradisional Indonesia lainnya, seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai," tulis Taste Atlas.

Dalam ulasannya, Taste Atlas menyoroti penggunaan buah kluwek atau kenari hitam sebagai 'elemen kunci' di dalam resep rawon. Sebab, buah kluwek terkenal sangat beracun jika dimakan mentah. Namun saat ditambahkan dengan rempah lain menciptakan cita rasa unik. 

Rawon Jadi Sup Terenak Di Dunia (TrenAsia)

"Rempah Indonesia yang tidak lazim ini sangat beracun jika dimakan mentah dan selalu harus difermentasi sebelum dikonsumsi. Buah kluwek ini dihaluskan dengan bahan dan rempah lainnya, memberikan cita rasa khas yang gurih dan asam serta warna hitam gelap yang unik pada masakan ini," tandas Taste Atlas.

Sebagai informasi, rawon merupakan sup khas Jawa Timur berupa potongan daging yang disajikan dalam kuah hitam. Sajian ini diduga berasal dari Ponorogo. Menurut catatan sejarah, rawon tercatat dalam prasasti Taji dari 902 Masehi melalui kata 'Rarrawan'. 

Ciri khas utama Rawon yang membedakan dari sup lainnya asal Indonesia lainnya adalah penggunaan buah kluwek. Serupa dengan yang diulas oleh Taste Atlas, buah kluwek memberi warna hitam sebagai ciri khas Rawon yang tidak dapat digantikan. 

Jika tidak menggunakan buah kluwek, Rawon hanya akan menjadi sup biasa. Yang cukup mengejutkan, Rawon berhasil mengalahkan sup mi asal Jepang yakni Ramen yang diketahui punya popularitas mendunia. Berbagai negara bahkan memiliki restoran yang menjual Ramen.

Berikut daftar lengkap 10 sup terenak di dunia versi Taste Atlas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"