6 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Saat Puasa Yang Mudah Ditiru, Khasiatnya Sudah Terbukti Secara Ilmiah Loh!

6 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Saat Puasa Yang Mudah Ditiru, Khasiatnya Sudah Terbukti Secara Ilmiah Loh!

Bulan Ramadan tidak hanya mengajarkan umat Islam untuk menahan hawa nafsu. Namun bulan puasa juga mengajarkan para Muslim untuk menjaga kesehatan. Misalnya yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sosok Nabi Muhammad SAW merupakan panutan untuk semua umat Muslim. 

Dalam kehidupan sehari-hari, Rasulullah SAW juga dikenal memiliki pola makan sehat yang mudah sekali ditiru. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga punya kebiasaan sehat selama puasa di bulan Ramadan. Tak sembarangan, kebiasaan itu juga sudah terbukti khasiatnya. Berikut ini 6 kebiasaan sehat Nabi Muhammad SAW saat puasa.

1. Makan Dengan Porsi Lebih Sedikit

Ilustrasi Makan Porsi Sedikit (Detikcom)

Kebiasan sehat Nabi Muhammad yang pertama adalah makan dengan porsi lebih sedikit. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit. Adapun praktik makan dalam porsi lebih sedikit menurut Islam yakni, perut diisi 1/3 makanan, 1/3 cairan dan 1/3 napas. 

Untuk mencegah makan berlebihan, kamu bisa mencoba praktik mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran. Jadi, aktivitas makan dilakukan dengan fokus pada makanan tanpa distraksi atau gangguan makan misalnya sambil buka media sosial atau menonton video.

2. Makan Perlahan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"