5 Makanan Khas Perayaan Maulid Nabi Dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Ada Favorit Kamu Gak?

5 Makanan Khas Perayaan Maulid Nabi Dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Ada Favorit Kamu Gak?

Maulid Nabi Muhammad 2023 jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023. Seperti diketahui, Maulid Nabi diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal. Seiring dengan perayaan ini, biasanya ada sejumlah makanan khas perayaan Maulid Nabi yang dihindangkan.

Di beberapa daerah, Maulid Nabi biasanya dirayakan cukup meriah. Selain berkumpul untuk mendengarkan ceramah, ada juga acara makan bersama. Di situlah, makanan-makanan khas itu akan disantap bersama warga yang merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW ini. 

Menariknya, setiap daerah di Nusantara memiliki sajian Maulid Nabi yang berbeda. Setiap hidangan pun punya cerita dan makna tersendiri dalam merayakan kehidupan Nabi yang penuh berkah. Lantas apa saja makanan khas perayaan Maulid Nabi itu? Berikut daftarnya!

1. Nasi Tumpeng Rasulan

Ilustrasi Nasi Tumpeng Rasulan (Pikiran Rakyat)

Nasi tumpeng rasulan banyak disajikan warga Yogyakarta, tepatnya di kawasan Gunung Kidul setiap kali Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan. Sesuai namanya, nasi yang digunakan untuk tumpeng ini akan diberi bumbu gurih lalu dilengkapi dengan bermacam-mavam lauk.

2. Ampyang Maulid



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"