Fakta-Fakta dan Sejarah Maulid Nabi yang Perlu Kamu Tahu

Fakta-Fakta dan Sejarah Maulid Nabi yang Perlu Kamu Tahu

Seperti yang kita ketahui, hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini digeser dari yang seharusnya 19 Oktober menjadi 20 Oktober. Hari Maulid Nabi ini rutin diselenggarakan dalam rangka memperingati kelahiran Rasulullah. Artikel ini akan menjelaskan fakta dan sejarah Maulid Nabi secara singkat.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh umat Islam di seluruh dunia ternyata berbeda-beda. Setiap umat melakukan cara yang berbeda, sesuai dengan tradisi setempat.

Fakta-Fakta dan Sejarah Maulid Nabi (via Jakarta Globe)

Dalam jurnalnya yang berjudul Peringatan Maulid Nabi (Tinjauan Sejarah dan Tradisinya di Indonesia), Moch Yunus, dosen Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo, menyebutkan ada dua versi peringatan pertama Maulid Nabi Muhammad SAW.

Versi pertama menyebutkan bahwa peringatan Maulid Nabi pertama kali diadakan ketika pemerintahan Mu'iz Dinillah II, dinasti Fatimiyah di Mesir yang hidup di pertengahan abad 4 Hijriyah. Peringatan yang baru berlangsung selama beberapa tahun ini berhenti selama lebih dari 100 tahun karena dilarang oleh pemerintahan Al-Afdhal bin Amir Juyusy.

Kemudian, di abad pertengahan 6 Hijriyah, peringatan ini dapat kembali dilangsungkan berkat pemerintahan baru Dinasti Fatimiyah yang juga sekaligus imam Amir II Ahkamillah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"