5 Cara Jitu Menghilangkan Noda Kunyit Di Peralatan Masak Dan Kain, Langsung Praktek Yuk!

5 Cara Jitu Menghilangkan Noda Kunyit Di Peralatan Masak Dan Kain, Langsung Praktek Yuk!

Banyak masakan Indonesia yang menggunakan bahan kunyit untuk menambah cita rasa dan memberikan warna. Akan tetapi, saat memakai kunyit beresiko warna kuningnya tertinggal dan cukup sulit untuk dibersihkan. 

Alhasil, banyak peralatan dapur di rumah yang akhirnya berubah jadi berwarna kuning dan tidak kinclong lagi. Seperti blender, spatula, toples plastik, wajan sampai tangan kita sekalipun bisa kena noda bekas kunyit ini. 

Tentu saja, warna kuning yang tahan lama ini bisa mengganggu penampilan peralatan dapur kita. Tapi tenang, ada beberapa cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi masalah ini. Berikut uraian cara menghilangkan noda kunyit!

1. Cuka Putih Atau Air Lemon

Ilustrasi Lemon Dan Cuka (Grid.ID)

Pertama, siapkan mangkuk besar berisi air panas kemudian tambahkan cuka putih atau perasan lemon secukupnya. Rendam peralatan dapur yang memiliki bekas kunyit selama 30-60 menit. 

Setelah direndam, gosok peralatan dapur tersebut menggunakan spons lembut atau sikat yang sesuai dengan jenisnya. Lalu, bilas dengan air bersih.

2. Baking Soda atau Soda Kue

Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta kental. Lalu, oleskan pasta baking soda ini ke area peralatan dapur yang terkena bekas kunyit. Biarkan pasta mengering selama beberapa jam atau sampai semalaman.

Kalau sudah mengering, kamu bisa menggosoknya perlahan dengan spons atau sikat. Setelahnya, bilas dengan air bersih dan keringkan peralatan dapurmu. 

3. Larutan Soda Kue



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"