Terungkap Kehidupan Tukang Santet di Indonesia, Benarkah Selalu Memakai Baju Serba Hitam?

Terungkap Kehidupan Tukang Santet di Indonesia, Benarkah Selalu Memakai Baju Serba Hitam?

Tukang santet  atau dukun santet banyak terdapat di Indonesia. Mereka mengirimkan santet yang merupakan ilmu hitam kepada seseorang berdasarkan perintah dari orang lain yang diduga mau mencelakainya. Banyak yang penasaran seperti apa kehidupan tukang santet di Indonesia dalam kesehariannya. Benarkah selalu misterius dan mengenakan pakaian serba hitam?

Dilansir dari Quora, beberapa warganet menceritakan kehidupan para tukang santet di Indonesia. Misalnya seorang warganet yang identitasnya dirahasiakan mengatakan dalam keluarganya masih banyak yang menganut sistem kejawen dan ada salah satu angggota keluarganya yang disebut sebagai tukang santet.

Menurutnya seseorang tukang santet mereka tidak pernah memikirkan soal uang. Dalam kesehariannya mereka banyak melakukan kegiatan yang jauh melakukan interaksi dengan orang lain. Mereka akan nyaman berada di tempat sepi karena akan melaukan meditasi atau bertapa, puasa, dan aktivitas lainnya.

Terungkap Kehidupan Tukang Santet di Indonesia (Pikiran Rakyat Bekasi)

“Bahkan dulu waktu saya masih kecil, saya bersama sepupu diajak ke perkumpulan dukun-dukun, tempatnya seperti kebun yang sepi, kalau diingat rasanya memang aneh dan pokoknya seram,” kenang warganet tersebut. Sayangnya dia tidak menyebut lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya para dukun atau tukang santet.

Saat berkumpul para tukang santet itu melakukan banyak ritual, mereka mengenakan baju htam-hitam, ada juga yang memakai baju putih. Mereka menari-nari dengan suasana cahaya yang gelap karena penerangan minim. “Mereka ada yang kayak orang kesurupan,” tulisnya.

Warganet lainnya bernama Dwi juga menuliskan soal kenalannya yang memiliki keluarga seorang tukang santet yang berasal dari Sulawesi Selatan. Menurutnya tukang santet memiliki ciri khas mengenakan pakaian hitam-hitam. Sepertinya pakaian hitam-hitam itu sangat mencolok dan dianggap sebagai ciri khas tukang santet. Biasanya para tukang santet itu mengirim santet kepada orang yang sudah melakukan kejahatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"