Sosok Para Eyang Ini Disebut Jadi Penunggu di Gunung Merapi

Sosok Para Eyang Ini Disebut Jadi Penunggu di Gunung Merapi

Gunung Merapi terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung vulkanik yang statusnya sejak 2018 silam masih waspada karena beberapa kali mengeluarkan awan panas. Gunung merapi konon menjadi tempat tinggal beberapa sosok yang disebut jadi penunggu. 

Penunggu Merapi terdiri dari beberapa sosok mengingat gunung ini disebut sebagai panglima gunung yang ada di Pulau Jawa bahkan di seluruh nusantara. Gunung Merapi yang berada di tengah Jawa menjadi titik sentral gunung-gunung  yang terdapat di kawasan mediterania dan cincin pasifik.

1. Eyang Sunan Merapi

Dilansir dari YouTube Kisah Tanah Jawa pada bagian dapur magma Gunung Merapi dihuni oleh sosok yang disebut Eyang Sunan Merapi. Eyang Sunan Merapi dipercaya menjadi pemimpin semua mahluk halus yang berada di Gunung Merapi.

Gunung Merapi (Kompas.com)

2. Eyang Antaboga

Sosok ini dianggap sebagai penjaga gunung agar tidak runtuk saat meletus. Masyarakat sekitar menganggap Eyang Antaboga kerap menampakan diri dengan wujud yang berbeda, seperti menjadi naga saat Merapi sedang erupsi atau memuntahkan awan panas.

3. Eyang Sapu Jagad

Eyang Sapu Jagad konon sebagai pengambil keputusan apakah Merapi akan meletus atau tidak. Eyang Sapu Jagad memiliki dua panglima yang bernama Kiai Grinjing Wesi dan Kiai Grinjing Kawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"