Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Gunung Marapi dan Merapi

Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Gunung Marapi dan Merapi

Gunung Marapi dan Gunung Merapi adalah dua gunung berapi yang ada di Indonesia. Belum lama ini Gunung Marapi erupsi dan mengakibatkan korban jiwa dari pendaki. Banyak yang menyangka Marapi dan Merapi adalah gunung yang sama karena namanya mirip. Memang apa saja bedanya Gunung Marapi dan Gunung Merapi.

Lokasi

Gunung Marapi dan Gunung Merapi berada di lokasi yang berbeda. Gunung Marapi berada di Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Agam, Tanah Datar, Sumatera Barat. Sementara Gunung Merapi ada di dua provinsi yakni DI Yogyakarta dan Jawa Tengah yakni Kabupaten Magelang, Boyolali, Klaten, dan Sleman.

Ketinggian

Tinggi Gunung Marapi dan Gunung Merapi berbeda. Gunung Marapi memiliki ketinggian yang lebih rendah dibanding Merapi. Marapi memiliki tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut, sementara Merapi memiliki tinggi sekitar 2.980 meter di atas permukaan laut.

Gunung Marapi dan Merapi (IDN Times)

Aktivitas Pendakian

Aktivitas pendakian Gunung Marapi dan Merapi berbeda. Sebelum terjadinya erupsi pada 4 Desember 2023 lalu, gunung tersebut masih memperbolehkan pendaki untuk melakukan pendakian hingga ke puncak. Meskipun saat erupsi banyak pendaki yang tewas menjadi korban.

Namun Gunung Merapi sejak November 2020 silam sudah dilarang mendaki. Pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merapi sudah memberikan ultimatum kepada pendaki untuk menjauhi puncak gunung karena status gunung mencapai level siaga.

Letusan Perdana

Gunung Marapi mengalami letusan perdana pada periode 1807-1822. Sementara Gunung Merapi mengalami letusan perdana pada 1768. Menurut data sampai saat ini Gunung Merapi sudah mengalami letusan sebanyak 80 kali sementara Gunung Marapi baru 50 kali, dan erupsi terakhir menjadi salah satu letusan yang cukup dahsyat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"