Istimewanya Magelang, Kota Pertama di Indonesia yang Dikelilingi 5 Gunung

Istimewanya Magelang, Kota Pertama di Indonesia yang Dikelilingi 5 Gunung

Kota Magelang yang berada di Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu Kota tertua di Indonesia, selain Palembang di Sumatera Selatan. Magelang berdiri pada 11 April 907 dan usianya kini 1.115 tahun. Selain sudah berusia tua, Kota  yang berbatasan dengan Yogyakarta ini dikeliling 5 gunung.

Magelang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang diapit oleh 5 gunung sekaligus, yakni Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Telomoyo, dan Tidar. Hal ini tentu menjadi fenomena yang unik dan menarik karena wilayah ini juga sering disebut Panca Arga, Panca berarti lima dan Arga adalah gunung.

Memiliki panorama alam yang indah membuat banyak wisatawan yang datang ke Magelang menikmati keindahan di dataran tinggi Magelang. Selain itu juga para pendaki gunung asal Pulau Jawa atau bahkan dari luar Pulau Jawa untuk menaklukan puncak gunung yang ada di Magelang.

Gunung Merapi di Magelang (Kompas.com)

Gunung Merapi sebenarnya tak cuma berada di Magelang saja, karena gunung yang akhir-akhir ini erupsi ini berada di wilayah Yogyakarta, Boyolali dan Klaten. Sementara Gunung Merbabu berada di kawasan Wekas dan Suwanting, Magelang. Gunung Merbabu ini juga ada yang berada di wilayah Boyolali dan Kabupaten Semarang.

Gunung Sumbing dengan tinggi 3.371 meter ini menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Selain berada di Magelang gunung ini juga berada di wilayah Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju puncak Sumbing bisa melalui jalur Kali Angkrik, yang disebut Nepal Van Java di kaki gunung Sumbing dengan perkampungan penduduknya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"