Pasir Hisap Gunung Bromo Punya Kekuatan Misterius? Ini Faktanya

Pasir Hisap Gunung Bromo Punya Kekuatan Misterius? Ini Faktanya

Akhir-akhir ini Gunung Bromo viral setelah ada kasus kebakaran lahan yang disebabkan flare saat foto prewedding. Kamu tau nggak, kalau di gunung ini ada bagian yang cukup menakutkan karena mitosnya memiliki kekuatan misterius yakni pasir hisap. Pasir hisap Gunung Bromo sangat berbahaya.

Layaknya gunung-gunung atau dataran tinggi lainnya, Gunung Bromo memiliki lautan pasir yang sangat luas. Menurut masyarakat Tengger, pasir di Gunung Bromo bisa menelan segala hal seperti manusia atau hewan. Cerita-cerita seram tentang pasir hisap sudah terkenal bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Gunung Bromo.

Ada yang menceritakan bahwa pernah ada pengunjung yang nekat berjalan melalui pasir hisap seorang diri tanpa didampingi pemandu wisata yang mengetahui mana saja titik-titik lokasi pasir hisap. Kabarnya pengunjung itu menghilang tanpa jejak. Pernah juga hewan-hewan milik warga melintas di atas pasir dan tenggelam di dalamnya.

Pasir Hisap Gunung Bromo (Agent Wisata Bromo)

Tapi ada juga yang tidak percaya bahwa pasir hisap Gunung Bromo memiliki kekuatan magis. Justru pasir itu bisa menelan orang atau hewan karena pergerakan pasir akibat angina dan erosi alami. Makanya bagi pengunjung untuk selalu waspada ketika melintas di hamparan pasir. Dan jangan pernah menyombongkan diri saat berada di tempat baru.

Gunung Bromo menjadi salah satu gunung di tanah Jawa yang cukup angker. Tahun 2022 lalu pernah ada pengunjung yang menghilang dan akhirnya ditemukan dalam keadaan memprihatinkan. Pria bernama Roni Nur Effendi dinyatakan hilang saat berada di kawasan Gunung Bromo. 

Beberapa hari usai dikabarkan hilang, akhirnya Roni ditemukan di dalam jurang sedalam 200 meter dalam kondisi lemah. Menurut penuturannya saat ditemukan, pria asal Malang, Jawa Timur ini mengaku bertemu dengan sosok wanita cantik. Wanita itu menggoda Roni dengan mengajak main ke rumahnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"