Bromo Kembali Hijau Pasca Kebakaran, Ini Tips Berwisata yang Perlu Diperhatikan Agar Tak Merusak Alam

Bromo Kembali Hijau Pasca Kebakaran, Ini Tips Berwisata yang Perlu Diperhatikan Agar Tak Merusak Alam

Berwisata alam adalah pengalaman yang tak terlupakan. Namun, agar menjaga alam tetap lestari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berwisata alam. Kebakaran Padang Savana Gunung Bromo beberapa saat yang lalu tentunya memberi pelajaran berharga agar wisatawan selalu menjaga habitat alami tempat yang didatangi.

Kini, padang savana di TNBTS memang sudah mulai pulih dan kembali hijau. Karenanya, jangan sampai mengulang kesalahan dan tetaplah jaga keindahan alamnya. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berwisata berikut ini agar kunjunganmu meninggalkan kenangan indah tanpa merusak alam.

1. Memahami Etika Alam

Tips Berwisata yang Tidak Merusak Alam (via Pikiran Rakyat)

Sebelum memulai perjalananmu, penting untuk memahami etika alam. Ini mencakup aturan dasar seperti tidak merusak tanaman, hewan, atau ekosistem setempat. Jangan mengambil apa pun dari alam, biarkan semuanya seperti apa adanya. Hindari membuat jejak atau membakar apapun di area yang tidak ditentukan.

Bahkan ketika kamu menjelajahi alam, gunakan jalur yang sudah ada. Hindari membuat jalur baru yang dapat merusak vegetasi dan habitat alam. Selalu patuhi tanda-tanda dan petunjuk yang ada karena inisiatif manusia yang tidak terencana bisa saja justru menjadi awal kerusakan alam.

Perlu diingat juga agar tidak mengambil atau merusak tumbuhan dan batu-batu alam. Biarkan alam tetap alami dan indah. Jika kamu ingin mengambil foto, pastikan tidak merusak apa pun dalam prosesnya.

Selain itu, hindari memberi makan hewan liar atau mencoba mendekati mereka terlalu dekat. Walau kamu mungkin tidak bermaksud jahat, namun interaksi manusia mungkin dapat mengganggu kehidupan liar hewan-hewan tersebut dan bahkan membahayakan mereka.

2. Jangan Membuang Sampah Sembarangan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"