Misteri Kota Saranjana, Daerah Gaib di Kalimantan yang Dihuni Banyak Jin

Misteri Kota Saranjana, Daerah Gaib di Kalimantan yang Dihuni Banyak Jin

Kota Saranjana adalah sebuah kawasan di Kalimantan. Saranjana dikenal dengan kisah seram karena terkait hal-hal yang berhubungan dengan gaib. Misteri Kota Saranjana sudah mulai tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Tidak sembarangan orang bisa masuk ke Saranjana. 

Saranjana sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Saranjana pada masa itu disebut dengan wilayah pesisir di pedalaman Borneo atau Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo. Sejak dulu juga Pulau Kalimantan terkenal dengan sisi mistis yang kuat.

Salah satu cerita yang sempat viral adalah soal pengalaman penyanyi Ari Lasso tampil di Saranjana beberapa tahun lalu. Ari mengingat saat menyanyi di atas panggung, melihat banyak penonton yang menyaksikan aksinya. Namun anehnya ada sekelompok “penonton” yang hanya diam saja.

Singkat cerita, setelah Ari selesai bernyanyi ia kemudian turun panggung dan bergegas masuk ke dalam mobil untuk keluar dari tempat acara. Kebetulan saat itu Ari tampil di sebuah stadion yang di dalamnya ada lapangan. Hanya beberapa menit setelah konser selesai, penonton yang ada di stadion sangat sedikit. Padahal pintu keluar hanya satu. Ari pun bertanya-tanya.

Misteri Kota Saranjana (Grid.ID)

Diduga misteri Kota Saranjana itu banyak dihuni oleh jin yang mirip dengan manusia, tetapi jika dilihat lebih dekat wujud jin itu memiliki perbedaan dengan manusia. Hal itu terlihat dari postur tubuh yang lebih besar dan tinggi dari manusia pada umumnya. Wajahnya pun mayoritas tampan dan cantik.

Menurut penuturan beberapa warga lokal, Saranjana hanya bisa didatangi oleh orang-orang pintar atau yang bisa memiliki indera keenam karena akan menembus portal alam gaib. Akses menuju Saranjana cukup sulit dan membutuhkan waktu berjam-jam dari Ibu Kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin.

Melansir dari Kompas.com, Dosen Pendidikan Sejarah FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Mansyur S.Pd,M.Hum mengatakan Kota Saranjana ada yang menyebut berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Versi lainnya mengatakan jika Saranjana berada di pesisir pantai selatan Kalimantan, tepatnya di Teluk Tamiang, Pulau Laut.

Ada juga komentar lainnya yang mengatakan bahwa lokasi Saranjana berada di sebuah bukit kecil yang berada di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan di Kalimantan Selatan. Bukit itu berbatasan langsung dengan laut dan memiliki pesona yang indah, bahkan sangat cocok dijadikan tempat wisata. Meski indah tetapi tetap saja warga sekitar menganggap daerah itu angker.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"