Misteri Hantu Jawa Kuno, Apa Mereka Masih Ada?

Misteri Hantu Jawa Kuno, Apa Mereka Masih Ada?

Jawa kuno sudah mengenal hantu sejak saat itu. Saat itu ada beberapa hantu yang asing buat zaman sekarang.

Berdasarkan cerita jaman dulu dan catatan dari Belanda yang sudah diterjemahkan Belanda, ada beberapa makhluk astral yang diabadikan dalam jurnalnya.

Pada tahun 1930 di Jawa sendiri tercatat ada 93 jenis roh halus yang berkeliaran pada malam hari. What!!! Beneran, dan ini 5 di antaranya.

Dhengen

Dhengen Dhengen (npr.id)

Sosok dhengen sendiri adalah perwujudan dari uap yang keluar dari tanah dan sering masuk ke dalam tubuh manusia.

Biasanya yang sudah pernah dimasuki dhengen akan sakit-sakitan. Karena itulah walau bentuknya tak seram namun memedi ini ditakuti banget saat itu.

Sawan dan Sarap

Sawan dan Sarap Sawan dan Sarap (sf.co.ua)

Gak ada yang tau dengan pasti dengan perwujudan kedua hantu jawa kuno ini. Namun yang jelas keduanya adalah pembawa penyakit.

Efek ketika dirasuki hantu ini adalah kejang dan sampai penyakit fatal. Biasanya sarap menyerang laki-laki. Kalau sawan bisa apa saja.

Dadung Dawus

Dadung Dawus Dadung Dawus (socwall.com)

Hantu Jawa kuno ini adalah hantu pelindung binatang hutan. Biasanya hantu ini melindungi hewan seperti rusa.

Kalau ada pemburu biasanya dadung dawus berubah menjadi sosok rusa dan mengecoh para pemburu. Penampakannya biasanya berupa rusa putih atau emas, pokoknya aneh lah.

Karo Kamilis

Karo Kamilis Karo Kamilis (barron's.id)

Hantu karo kamilis adalah hantu yang gemar mengabdi atau bekerja pada pencuri. Dahulu hantu ini marak bekerja sama sama pencuri.

Biasanya hantu ini berubah menjadi binatang atau menjadi sosok lelaki atau suami untuk mengecoh dan membiarkan tuannya mencuri di rumah tujuan. Makanya dahulu sangat rawan suami meninggalkan istri sendiri di rumah.

Cinunuk

Cinunuk Cinunuk (sacompassion.net)

Cinunuk adalah hantu Jawa kuno yang berbentuk menyerupai binatang besar seperti harimau raksasa dan sebagainya.

Biasanya cinunuk menyerang para pencari kayu bakar dan penebang kayu. Oleh sebab itu biasanya memedi ini diberi sesaji agar tak mengganggu.

Jadi itulah beberapa jenis hantu Jawa kuno yang emang secara visual gak serem tapi dampaknya membahayakan manusia. Ngeri ya!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"