Mengungkap Mitos Larangan Pasien Pulang dari Rumah Sakit di Hari Sabtu

Mengungkap Mitos Larangan Pasien Pulang dari Rumah Sakit di Hari Sabtu

Pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit  berharap kondisi kesehatannya membaik sehingga bisa diizinkan dokter untuk pulang ke rumah. Namun ada beberapa masyarakat yang masih percaya terkait mitos hari Sabtu  bukan waktu yang tepat untuk pasien pulang dari rumah sakit.

Hal itu dialami oleh beberapa pasien usai menjalani perawatan di Rumah Sakit R.Sutrasno, Rembang, Jawa Tengah. Dilansir dari Antara, para pasien di rumah sakit itu justru enggan pulang di hari Sabtu meskipun dokter yang merawatnya sudah memberikan rekomendasi untuk pulang ke rumah.

Menurut Kepala Bidang Perawatan rumah sakit tersebut, dr.Laksmi Iwandari mengatakan bahwa mitos itu sudah berkembang sejak beberapa tahun lalu. Pihak rumah sakit awalnya bingung kenapa banyak pasien tidak mau pulang pada hari Sabtu meski sudah sembuh dari sakit.

Mengungkap Mitos Larangan Pasien Pulang dari Rumah Sakit di Hari Sabtu (detikNews)

“Kami juga tidak tahu apa alasan pasien tidak mau pulang di hari Sabtu, tapi kami menganggap ini sebuah budaya yang sudah dilakukan secara turun-temurun, kami pun tidak mau bertanya kepada pasien kenapa mereka tidak mau pulan di hari Sabtu,” ungkap dr.Laksmi.

Namun beberapa karyawan rumah sakit tersebut pernah bertanya kepada pasien yang menolak pulang di hari Sabtu. Menurut mereka jika pasien pulang dari rumah sakit di hari Sabtu, mereka mempercayai jika kondisi kesehatan yang sudah pulih akan kembali sakit beberapa hari kemudian, sehingga pasien akan kembali dirawat di rumah sakit.

Tentu hal itu tidak mau dilanggar oleh pasien. Pasien akan memilih bertahan satu hari dan pulang di hari Minggu, dibandingkan memaksakan diri pada hari Sabtu namun beberapa hari kemudian masuk rumah sakit lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"