Mitos Pasien di Rumah Sakit: Pulang Hari Sabtu Hingga Terima Bunga dari Penjenguk

Mitos Pasien di Rumah Sakit: Pulang Hari Sabtu Hingga Terima Bunga dari Penjenguk

Para pasien di rumah sakit menjalani perawatan dengan harapan kondisi kesehatan membaik, sembuh, dan cepat pulang ke rumah. Tapi percaya nggak percaya di kalangan masyarakat ada beberapa mitos pasien di rumah sakit yang tidak boleh dilanggar. Jika dilanggar bukannya sembuh malah tambah sakit. Apa saja mitos tersebut?

Pasien Pulang Hari Sabtu

Ketika pasien sudah mendapatkan izin pulang oleh dokter tentu itu adalah kabar gembira. Namun ada yang percaya bahwa pasien yang pulang dari rumah sakit di hari Sabtu sangat dihindari lho. Hari Sabtu bagi sebagian banyak orang menjadi hari yang kurang baik dalam kepulangan pasien dari rumah sakit.

Salah satu rumah sakit di Jawa Tengah percaya dengan mitos tersebut. Banyak pasien yang memutuskan untuk menunda kepulangan menjadi hari Minggu dibandingkan hari Sabtu. Menurut salah satu dokter di rumah sakit itu, dr.Laksmi Iwandari mengatakan bahwa mitos itu sudah berkembang sejak beberapa tahun lalu. 

Pihak rumah sakit awalnya bingung kenapa banyak pasien tidak mau pulang pada hari Sabtu meski sudah sembuh dari sakit.Ternyata itu sudah menjadi budaya yang turun-temurun dari dulu sampai sekarang disana. Ada yang menganggap pulang hari Sabtu dari rumah sakit membuat kesehatan pasien menurun sesampainya di rumah.

Mitos Pasien di Rumah Sakit (BBC)

Pasien Terima Bunga

Pasien di rumah sakit kerap mendapatkan makanan, buah-buahan, hingga bunga dari orang yang menjenguk. Biasanya ada tulisan di karangan bunga dengan pesan agar cepat sembuh. Nah, bunga itu dianggap mendatangkan hal negatif kepada orang yang sedang sakit. Dikhawatirkan ada kuman yang menempel di bunga dan bisa membuat kesehatan pasien itu tambah sakit.

Meskipun muncul mitos tersebut namun banyak juga orang yang menjenguk pasien di rumah sakit tetap membawa bunga. Keindahan bunga diharapkan bisa membuat pasien jadi sembuh. Beberapa jenis bunga yang biasa diberikan untuk orang sakit antara lain bunga matahari, bunga krisan, bunga aster, dan bunga anyelir. 

Pasien Ngomong Kalimat Terlarang di IGD

Satu lagi mitos pasien di rumah sakit yang jarang diketahui adalah soal pengucapan kalimat terlarang tepatnya di IGD atau instalasi gawat darurat. “Kok IGD sepi sih”. Kalimat itu biasanya dihindari diucapkan oleh dokter atau tenaga medis lainnya. Kalimat itu dianggap mengundang orang sakit datang. Makanya pasien yang sedang berada di IGD jangan sekali-sekali mengucapkan kalimat itu ya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"