Bakar Kemenyan Bisa Datangkan Makhluk Halus? Cek Dulu Faktanya

Bakar Kemenyan Bisa Datangkan Makhluk Halus? Cek Dulu Faktanya

Salah satu benda yang dipercaya bisa mendatangkan makhluk halus adalah kemenyan. Kemenyan sering muncul di film-film horor ketika ada seseorang dukun yang membakar kemenyan untuk datangkan makhluk halus. 

Kemenyan memiliki nama lain Olibanum. Aroma wewangingan kemenyan berbentuk Kristal yang digunakan dalam dupa atau parfum. Kristal diolah dari pohon Boswellia dalam keluarga tumbuhan Burseraceae, Boswellia sacra, dan Boswellia serrata untuk jenis kemenyan asal India.

Kemanyan bentuknya getah kering yang diambil dari pohon kemenyan. Getah itu dikenal sebagai benzoid yang berarti harum. Konon aroma asap yang muncul dari kemenyan yang dibakar bisa mendatangkan makhluk halus. Meskipun saat ini zaman sudah modern, sebagian orang percaya dengan memakai kemenyan untuk datangkan sosok gaib.

Kemenyan Bisa Datangkan Makhluk Halus (Pikiran Rakyat)

Kabarnya ada beberapa jenis makhluk halus yang langsung hadir setelah mencium aroma kemenyan antara lain kuntilanak, pocong, dan genderuwo. Ketiga makhluk astral ini sangat penasaran dengan aroma-aroma khas dari kemenyan yang bisa menarik aura negatif jika dibakar di sebuah tempat khususnya tempat angker.

Kembali ke soal mitos bau kemenyan, di masyarakat Indonesia ada yang percaya jika tercium aroma bau kemenyan merupakan serangan sihir dari jin atau seseorang yang melakukan praktik santet kepada korbannya

Walaupun kemenyan dianggap benda mistis tapi membakar sesuatu yang memancarkan aroma wangi adalah sunah Nabi. "Membakar dupa atau kemenyan ketika berzikir kepada Allah dan sebagainya seperti membaca Alqur'an atau di majlis-majlis ilmu, mempunyai dasar dalil dari Al-Hadis yaitu dilihat dari sudut pandang bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW menyukai bau wangi dan menyukai minyak wangi dan beliau pun sering memakainya." Isi hadis dalam Kitab Bulghat ath-Thullab halaman 53-54.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"