Arwah Jenazah yang Meninggal Kira-Kira Akan Pergi Kemana, Ya? Begini Penjelasannya

Arwah Jenazah yang Meninggal Kira-Kira Akan Pergi Kemana, Ya? Begini Penjelasannya

Indonesia kaya akan budaya dan tradisinya, termasuk hal mistis. Banyak orang yang mempercayai soal kehidupan para roh atau arwah yang sudah meninggal, akan datang berkunjung ke keluarganya yang ditinggalkan setiap malam jumat.

 

Itu sebabnya, malam Jumat kerap dipercayai sebagai malam para arwah yang bergentayangan. Karena adanya mitos ini, banyak orang yang kemudian enggan untuk keluar di saat malam Jumat.

 

Lalu pertanyaannya, benarkah arwah orang meninggal dunia itu bisa datang berkunjung ke rumah kerabatnya?

 

Menurut Buya Yahya salah satu pendakwah agama Islam, kedatangan arwah di malam Jumat ke rumah itu sudah pernah dijelaskan oleh beberapa ulama.

Ilustrasi orang meninggal (sonora)

 

Salah satunya adalah ulama Imam Romli yang menjelaskan jika arwah dari orang yang sudah meninggal, maka jasadnya bakal dikembalikan ke tanah dan dibawa ke alam kubur.

 

Selama di alam kubur inilah para roh akan ditanya oleh dua malaikat.

 

"Dan ini terjadi kepada setiap orang di dunia yang meninggal dunia tidak hanya kepada yang mati sahid, jadi ruh kembali ke jasad," katanya.

 

Selain itu, Imam Yapi juga ikut menjelaskan jika arwah orang meninggal bakal dibawa ke tempat yang paling mulia jika mereka adalah orang beriman.

 

Sedangkan orang-orang kafir arwahnya akan dikembalikan ke jasad mereka di alam kubur bila Allah menghendaki.

 

Dan pada malam Jumat, ulama menjelaskan bahwa arwah yang berbincang di alam kubur dan bagi para mukmin maupun orang beriman, akan memperoleh nikmat kubur. Sedangkan orang kafir akan mendapatkan siksaan.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"