4 Sosok Ratu yang Jadi Pimpinan Kerajaan Gaib di Indonesia

4 Sosok Ratu yang Jadi Pimpinan Kerajaan Gaib di Indonesia

Beberapa tempat di Indonesia dipercaya menjadi lokasi dari kerajaan gaib. Ada yang berada di daratan seperti gunung atau lautan. Beberapa kerajaan gaib ini pun dipimpin oleh seorang ratu yang dihormati dan disegani. Kabarnya ada yang berhubungan dengan manusia untuk melakukan praktik pesugihan. Berikut beberapa ratu kerajaan gaib di Indonesia

Gusti Kanjeng Ratu Kidul

Gusti Kanjeng Ratu Kidul adalah pemimpin kerajaan laut selatan atau pantai selatan. Menurut kepercayaan Gusti Kanjeng Ratu Kidul tinggal di istana di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Sementara cakupan kerajaan pantai selatan ini sangat luas dari Sukabumi di Jawa Barat hingga pantai di Bali.

Gusti Kanjeng Ratu Kidul kerap diajak komunikasi dengan banyak manusia yang melakukan pertapaan, termasuk pemimpin Indonesia seperti Soekarno yang semasa hidup sering berkomunikasi dengan Gusti Kanjeng Ratu Kidul. Di momen-momen tertentu warga pesisir pantai selatan juga memberikan sesajen dan persembahan untuk laut guna menghormati penguasa pantai selatan.

Ratu Kerajaan Gaib di Indonesia (Bangkalan Times)

Dewi Lanjar

Ratu kerajaan gaib di Indonesia selanjutnya adalah Dewi Lanjar. Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat Jawa, jika laut selatan dikuasai oleh Kanjeng Ratu Kidul, laut utara Jawa memiliki penguasa yang bernama Dewi Lanjar. Dewi Lanjar semasa hidupnya merupakan sosok wanita cantik yang kehilangan suaminya di usia yang masih muda.

Beberapa orang masih ada yang menjalani ritual pesugihan Dewi Lanjar untuk mendapatkan banyak kekayaan. Ritual pesugihan ini terdapat di sebuah padepokan di kawasan pantai utara Jawa. Konon menurut masyarakat sekitaran pantai utara, sosok Dewi Lanjar kerap menampakan diri di Pantai Slamaran, Pekalongan, Jawa Tengah. 

Jika orang yang mengikuti pesugihan, tentu Dewi Lanjar meminta tumbal. Biasanya tumbal yang diminta adalah anak kandung. Tumbal itu akan ditukar dengan kekayaan yang besar. Kapan waktu tumbal akan diberikan tergantung saat melakukan perjanjian.

Ratu Junjung Buih

Di Kalimantan ada sosok gaib Ratu Junjung Buih. Ratu Junjung Buih dikenal sebagai penguasa di Selat Karimata atau di antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Konon di Selat Karimata sering terjadi kecelakaan pesawat jatuh, termasuk saat pesawat Air Asia yang pernah jatuh di Selat Karimata di tahun 2014 lalu. Benarkah ada kaitannya dengan Ratu Junjung Buih?

Kabarnya Ratu Junjung Buih memiliki kerajaan gaib di dasar Selat Karimata. Melansir dari Tribun seorang warga asal Kalimantan bernama Gusti Kadran mengatakan kesamaan Ratu Junjung Buih dengan Gusti Kanjeng Ratu Kidul di pantai selatan. “Kalau di daerah Jawa ada Ratu Roro Kidul, kalau di Kalimantan ada yang namanya Ratu Junjung Buih. Itu ada hubungannya dengan di sana,” kata Gusti.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"