Nyi Roro Kidul Disebut Punya Hubungan Spesial dengan Ketiga Orang Ini, Ada Mantan Presiden Indonesia

Nyi Roro Kidul Disebut Punya Hubungan Spesial dengan Ketiga Orang Ini, Ada Mantan Presiden Indonesia

Salah satu penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul dikabarkan memiliki hubungan dengan banyak manusia. Namun dari manusia tersebut hanya sedikit yang jadi sosok spesial dan istimewa bagi sang ratu pantai selatan. Ternyata salah satu dari mereka ada mantan Presiden Indonesia loh. 

Soekarno

Soekarno adalah presiden pertama di Indonesia. Kabarnya Soekarno saat menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia sering berkomunikasi dengan Nyi Roro Kidul. Dalam salah satu pidatonya di tahun 1963, Soekarno mengatakan seorang pemimpin atau raja tidak akan menjadi kuat kalau tidak beristrikan Nyi Roro Kidul.

Pidato tersebut menjadi dugaan bahwa Soekarno memiliki hubungan spesial dengan Nyi Roro Kidul. Jika ditelisik lebih dalam memang Soekarno kabarnya sering bertapa di kawasan pantai selatan, tepatnya di Sukabumi, Jawa Barat. Di sana terdapat satu tempat yang menjadi favorit Soekarno bertapa.

Diduga saat sedang melakukan pertapaan, Soekarno bertemu dan berkomunikasi dengan Nyi Roro Kidul. Pada zaman Soekarno juga dibangun hotel di Pelabuhan Ratu yang salah satu kamarnya terdapat kamar khusus untuk menjadi peristirahatan Nyi Roro Kidul. Kawasan Sukabumi merupakan pintu depan dari keraton pantai selatan.

Nyi Roro Kidul Disebut Punya Hubungan Spesial dengan Ketiga Orang Ini, Ada Mantan Presiden Indonesia (Berita 99.co)

Sultan Hamengkubuwono IX

Beredar kabar jika banyak raja di Yogyakarta yang punya hubungan dekat dengan Nyi Roro Kidul. Salah satunya Sultan Hamengkubuwono IX. Menurut salah satu abdi dalem keraton pernah menceritakan bahwa Sultan Hamengkubuwono IX bertemu dengan Nyi Roro Kidul pada tiap hari Jumat malam.

Nyi Roro Kidul dipercaya menjadi “istri” oleh raja di Yogyakarta sejak Sultan Hamengkubuwono I hingga IX. Pada Sultan Hamengkubuwono X mitos tersebut perlahan menghilang. Meskipun pada momen tertentu saat acara di keraton sosok wanita berbaju hijau itu suka nampak ketika pertunjukan tari Bedaya Ketawang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"