Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Kamu Temukan dengan Mudah

Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Kamu Temukan dengan Mudah

Tanaman pengusir nyamuk bisa kamu temui dengan mudah. Tak perlu lagi memakai obat-obat kimia untuk membasmi nyamuk. Karena dengan tanaman ini, kamu bisa bebas dari nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk bermanfaat untuk mengusir bahkan membasmi nyamuk-nyamuk yang bersarang di sekitarmu. Dari zaman dulu, nyamuk memang sudah menjadi musuh manusia. Tak hanya gigitannya yang bisa membuatmu gatal, bentol, dan kemerahan. Namun, nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya, seperti DBD (deman berdarah dengue) dan penyakit malaria.

Biasanya orang-orang mengusir nyamuk dengan memakai obat berbahan kimia, hal ini akan berbahaya bagi kondisi kesehatan. Kamu harus mencoba pengusir nyamuk herbal dari tanaman pengusir nyamuk. Tanaman-tanaman ini telah dipercaya untuk membasmi nyamuk.

Berikut adalah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu temukan dengan mudah dan juga bisa kamu tanam di area rumahmu:

1. Lavender

1. Lavender Lavender tanaman cantik pengusir nyamuk (heritageoils.com)

Tanaman pengusir nyamuk pertama adalah lavender. Bunga lavender yang berwarna ungu dan mempunyai aroma yang khas dan harum itu, sangat dibenci oleh nyamuk. Namun, bagi manusia, bunga ini sangat disukai. 

Lavender memiliki dua zat yang tidak disukai oleh nyamuk, yaitu linalool dan lynalyl. Kamu bisa meletakkan bunga lavender di dalam pot, lalu taruhlah di dekat pintu atau jendela. Agar nyamuk tak berani masuk ke dalam rumah.

2. Bawang putih

2. Bawang putih Bawang putih (indonesiainside.id)

Mungkin kamu sudah tau bahwa bawang putih kerap digunakan untuk mengusir nyamuk. Kamu bisa mengiris bawang putih lalu menaruhnya di dekat pintu atau jendela rumah. Nyamuk-nyamuk akan mengurungkan niatnya untuk memasuki rumahmu, apalagi kalo kamu menambahkan minyak esensial lavender atau yang lainnya.

3. Serai wangi

3. Serai wangi Serai pengusir nyamuk (kumparan.com)

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah serai wangi. Selain dipakai untuk penyedap makanan dan minuman, tanaman ini juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. 

Serai bisa tumbuh di berbagai jenis tanah dan iklim. Namun, serai tak cocok apabila ditanam di dalam pot. Maka kamu bisa menanamnya di bawah jendela rumah.

4. Lemon balm

4. Lemon balm Lemon balm (johnnyseeds.com)

Lemon balm memiliki senyawa sironelal yang bisa mengusir nyamuk. Aroma jeruk daun lemon balm sangat dibenci oleh nyamuk.

Kalo kamu mau menanam lemon balm di pekarangan rumah, kamu harus hati-hati. Karena tanaman ini memiliki pertumbuhan yang cepat atau memiliki sifat invansif.

Demikianlah beberapa tanaman yang biasa dipakai untuk mengusir nyamuk-nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk bisa kamu tanam di sekitar rumah, sambil mengusir nyamuk, pekaranganmu juga akan menjadi asri dan bagus. So, tunggu apalagi?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"