Tahun Depan, World Hijab Day Bikin Kampanye Gunakan Hijab Selama Sehari

Tahun Depan, World Hijab Day Bikin Kampanye Gunakan Hijab Selama Sehari

Organisasi non-profit World Hijab Day (WHD) merilis sebuah kampanye untuk tahun 2019 nanti. Kampanye itu bertajuk "Free in Hijab" yang diumumkan pada Rabu (26/12/2018) lalu.

Free in Hijab adalah kampanye yang bertujuan mendorong perempuan agar berani menyarakan pilihan mereka. terutama dalam mengenakan hijab. 

Whellyda dari Brasil, cantik bat! (Instagram @worldhijabday)

Nah, kampanye ini mengajak seluruh perempuan di dunia untuk berhijab selama 24 jam, ya ... seharian, pada tanggal 1 Februari 2019 nanti. Langkah ini ditujukan sebagai bentuk solidaritas terhadap perempuan Muslim di seluruh dunia.

Kampanye ini juga bertujuan untuk mendobrak stigma yang selama ini dibentuk media tentang perempuan berhijab lewat tagar #FreeinHijab.

Dilansir Anadolu Agency, Nazma Khan, pendiri WHD, menjelaskan bahwa tagar tersebut dibutuhkan untuk situasi global saat ini. Sebab, sejauh ini banyak orang berhijab yang tertindas dan terpenjara secara simbolis.

"Melalui tagar ini, perempuan didorong untuk menyuarakan pilihan mereka dalam mengenakan jilbab yang bertujuan untuk menghentikan adanya kesalahpahaman yang selama ini terjadi," jelas Nazma kepada AA.

WHD sendiri telah melakukan berbagai gerakan sejak berdiri tahun 2013 lalu, terutama dalam memperjuangkan hak-hak perempuan berhijab. 

Kampanye World Hijab Day (Instagram @worldhijabday)

Organisasi ini didirikan atas inisiasi Nazma Khan. Sepanjang hidupnya, Nazma kerap mengalami kesulitan mengenakan hijab karena ia tinggal di New York, Amerika Serikat.

Nazma bercerita bahwa dulu ia selalu di-bully teman-temannya saat SMP dan SMA. Ia juga mengalami diskriminasi, terlebih pasca-peristiwa 11 September 2001.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"