Selamat Jalan Tuk Selamanya, 5 Tokoh Indonesia yang Wafat di Hari Jumat

Selamat Jalan Tuk Selamanya, 5 Tokoh Indonesia yang Wafat di Hari Jumat

Ada yang percaya bahwa hari Jumat  merupakan hari yang baik. Termasuk hari baik bagi orang yang meninggal. Sejumlah tokoh Indonesia mulai dari tokoh agama, politik, hingga artis dengan nama besar pun meninggal di hari Jumat. Yang terbaru adalah Menpan RB, Tjahjo Kumolo.

Melansir dari Detikcom, Ustaz Khalid Basalamah melalui video saat berdakwah menuturkan bahwa siapa pun orang yang meninggal di hari Jumat termasuk dalam golongan yang wafat secara husnulkhatimah. “Siapa pun bapak – ibu sekalian yang meninggal di hari Jumat, itu husnulkhatimah. Kalau meninggal di hari Jumat, husnulkhatimah, dianggap mati yang baik,” kata Ustaz Khalid.

Semoga saja apa tokoh atau publik figur yang meninggal di hari Jumat benar-benar meninggal dengan cara yang baik. Berikut ada 5 tokoh Indonesia yang meninggal di hari Jumat.

Selamat Jalan Tuk Selamanya, 5 Tokoh Indonesia yang Wafat di Hari Jumat (Kompas.com)

1.    Tjahjo Kumolo

Tokoh politik Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7). Tjahjo menghembuskan napas terakhirnya saat menjalani perawatan di rumah sakit karena sakit infeksi paru-paru. Mantan anggota DPR RI yang terakhir menjabat sebagai Menpan RB ini dimakamkan di TMP Kalibata pada Jumat Sore.

2.    Buya Syafii Maarif

Buya Syafii Maarif merupakan tokoh yang cukup disegani. Mantan ketua PP Muhammadiyah ini dikenal juga sebagai sosok yang memiliki nilai toleransi yang cukup tinggi. Ia pun menjalani pola hidup yang sederhana. Buya menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat (27/5) lalu. Sebelum meninggal ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan setelah Buya keluar dari rumah sakit, Preisden Jokowi menjenguk di kediaman Buya.

3.    Buya Hamka

Tokoh agama Islam, Buya Hamka meninggal dunia pada Jumat 24 Juli 1981. Buya adalah ketua Majelis Ulama Indonesia pertama. Ia juga dikenal sebagai tokoh dari organisasi Masyumi dan Muhammadiyah. Saat wafat, banyak orang yang melayat Buya. Jenazah Buya pun disebut-sebut tersenyum saat disemayamkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"