Dua Menteri di Indonesia yang Meninggal Dunia Saat Sedang Menjabat, Begini Cerita Sedihnya

Dua Menteri di Indonesia yang Meninggal Dunia Saat Sedang Menjabat, Begini Cerita Sedihnya

Sepanjang sejarah pemerintahan Indonesia terdapat dua orang menteri yang ternyata meninggal dunia ketika sedang menjabat atau menjadi anggota kabinet. Mereka adalah Ahmad Yani dan Tjahjo Kumolo. Yani meninggal dunia pada tahun 1965 sementara Tjahjo menghembuskan napas terakhir pada tahun 2022, tepatnya di bulan Juli. Seperti apa kisah mereka?

Ahmad Yani

Pada era orde lama, Yani menjabat sebagai Menteri/Panglima Angkatan Darat. Yani juga menjadi salah satu menteri kesayangan Soekarno, Presiden pertama Indonesia. Kepergian Yani karena menjadi korban Gerakan 30 September yang dilakukan oleh PKI membuat Soekarno sangat sedih.

Apalagi Yani wafat dengan cara yang sangat menyedihkan. Ia tewas di dalam rumahnya sendiri setelah peluru dari senjata Pasukan Cakrabirawa menembus tubuhnya dari belakang. Yani saat itu ditembak karena ingin berganti pakaian saat dijemput oleh Cakrabirawa. 

Jenazah Yani beserta petinggi angkatan darat lainnya ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur dan dimakamkan di TMP Kalibata, pada 5 Oktober 1965. Yani pun ditetapkan jadi Pahlawan Revolusi. Rumah yang jadi saksi kelam kematiannya kini sudah menjadi Museum Sasmita Loka Ahmad Yani.

Dua Menteri di Indonesia yang Meninggal Dunia Saat Sedang Menjabat, Begini Cerita Sedihnya (Tribunnews.com)

Tjahjo Kumolo

Menteri berikutnya yang meninggal ketika sedang menjabat adalah Tjahjo Kumolo. Saat wafat, politisi PDI Perjuangan ini merupakan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sebelum menjadi MenPAN/RB, pria berdarah Jawa juga pernah menjadi anggota DPR RI dan Menteri Dalam Negeri.

Tjahjo meninggal dunia dalam usia 64 tahun. Sebelum meninggal memang Tjahjo sudah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta dan kondisinya semakin menurun. Tjahjo pun divonis mengidap komplikasi beberapa penyakit antara lain diabetes, paru-paru, dan asam urat.

Tjahjo pun meninggal pada Jumat, 1 Juli 2022 di rumah sakit tempatnya menjalani perawatan. Jenazahnya kemudian dibawa ke rumah dinas menteri sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, pada sore harinya. Banyak orang berduka dengan kepergian Tjahjo yang dikenal sebagai menteri yang bekerja dengan baik selama jadi menteri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"