Reaksi Masinis Saat Kereta Tabrak Kendaraan di Pintu Perlintasan, Kepikiran Sepanjang Perjalanan

Reaksi Masinis Saat Kereta Tabrak Kendaraan di Pintu Perlintasan, Kepikiran Sepanjang Perjalanan

Peristiwa kecelakaan kerap terjadi di beberapa pintu perlintasan kereta api di sejumlah tempat. Misalnya ada kendaraan yang memaksa melewati perlintasan meskipun pintu sudah ditutup hingga ada mobil  mogok di tengah perlintasan. Kondisi ini sangat membahayakan pengendara kendaraan dan kereta api yang melintas karena membawa penumpang.

Kereta api pun akhirnya menabrak kendaraan hingga terseret beberapa meter. Lantas apa yang dilakukan masinis setelah kereta yang dikemudikan menabrak kendaraan? Apakah jalan terus atau malah berhenti melihat kondisi kendaraan yang ditabrak?

Seorang masinis kereta bernama Ilfan Affandi menceritakan dirinya pernah bertugas mengemudikan kereta dan menabrak kendaraan yang sedang melintas di pintu perlintasan. "Namanya tempered, ditabrak, bukan menabrak. Kereta itu sudah ada jalurnya, ini yang suka keliru kalau kereta menabrak orang atau kendaraan," ujar Affandi dilansir dari Kompas.

Ilustrasi Kecelakaan di Pintu Perlintasan (Kompas Regional)

Affandi mengatakan saat menabrak kendaraan tentu sebagai masinis dia akan memberhentikan kereta api meski sedang berjalan cukup kencang. "Pasti pertama saya kepikiran, orang atau kendaraan bagaimana kondisinya, memang akhirnya tetap kereta harus berjalan lagi, sesuai tugas," kenang Affandi.

Sebenarnya Affandi sebagai masinis memiliki prosedur bila kereta yang dikemudikan mengalami insiden menabrak kendaraan. Yang dilakukan masinis pertama kali adalah menghentikan kereta untuk memeriksa kondisi kereta, apakah mengalami kerusakan atau tidak pasca insiden tersebut, terutama bagian lokomotif sebagai bagian paling pertama yang alami benturan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"