Rancak bana artinya apa? Apakah kamu sudah tau? Atau sering mengucapkan tapi malah gak tau artinya... Hmmmm coba deh simak beberapa bahasa Minang yang sering diucapkan oleh mereka.

Rancak bana artinya sangat indah atau cantik. Biasanya rancak bana dipakai untuk mengungkapkan kekaguman terhadap sesuatu. Misalnya nih, kalo kamu lagi mengunjungi destinasi wisata yang bener-bener bagus. Maka kamu bisa menguncapkan "rancak bana!", karena kalimat rancak bana dipakai ketika kamu terpesona saat melihat sesuatu, baik manusia atau benda-benda.

Nah, sekarang kan udah tau rancak bana artinya apa. Selain rancak bana, masih banyak lagi kata-kata dalam Bahasa Minang yang kerap diungkapkan. Mungkin kamu sebenarnya paham, tapi gak tau artinya. 

Iyaa kaan? Mending sama-sama belajar Bahasa Minang aja yuk gengs....

Orang-orang Sumatra Barat (travel.tribunnews.com)

Nah, memang, mayoritas penduduk Sumatra Barat adalah etnis Minangkabau. Yang mana menggunakan Bahasa Minang dalam percakapan sehari-harinya. 

Sedangkan Bahasa Minang adalah bahasa yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kalo kamu tengah berlibur ke Sumbar, jangan sampai nggak tau beberapa kata yang sering diucapkan deh....

1. Onde mande

Kalo kamu lagi kaget, biasanya bilang apa? Nah, kalo orang Sumatra Barat nunjukin ekspresi kaget biasanya dengan mengucapkan "onde mande". Onde berarti ibu, dan mande berarti "Ya ampun", nah kalo digabung Onde mande berarti "Ya Ampun Ibu!"

2. Baa kaba?

Saat mereka bertemu dengan orang-orang, mereka kerap kali mengucapkan baa kaba, baa berarti bagaimana, dan kaba berarti kabar. Jadi baa kaba berarti bagaimana kabar. Lalu biasanya orang yang ditanya kabar, akan menjawab "Alhamdulillah Uni/Uda".

Icon Sumatra Barat (republika.co.id)

3. Pai kama tu?

Selain kalimat menanyakan kabar, ada juga kalimat yang sering diucapkan yaitu "Pai kama tu", pai berarti pergi, kama berarti kemana. Orang Sumbar juga sering mengucapkan kata 'tu' untuk tambahan. 

Jadi pai kama tu itu memiliki makna "Pergi ke mana tuh dia?

4. Tambuah ciek

"Tambuah ciek!" adalah kata yang kalo di televisi dan tempat-tempat makan berarti minta tambah. Nah, kalo kamu ke warung nasi Padang, coba deh pakai kata "Tambuah ciek!" pasti langsung deh, porsi makanmu ditambah. Hehehe.

Warung nasi Padang (klayapan.com)

5. Lamak bana

Lamak bana tak lepas dari makanan juga. Nah, kalo kamu lagi makan lalu makanannya kok yaa terasa enak banget. Kamu bisa mengatakan "Lamak bana! Tambuah ciek!"

Nah, segitu dulu arti-arti kata dalam Bahasa Minang yang wajib kamu tau. Bisa loh langsung dipakai saat kamu ke warung nasi Padang atau saat berlibur ke Sumatra Barat. Biar nggak cuma tau rancak bana artinya apa. Kamu juga perlu tau kata-kata yang kerap diucapkan.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations